KERUSAKAN PADA TINGKAT INDIVIDU DAN ASET MASYARAKAT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI: Temuan Empiris Dampak Daerah Bencana Menurut Kabupaten dan Kota Di Indonesia

Zhanny, Anlika (2021) KERUSAKAN PADA TINGKAT INDIVIDU DAN ASET MASYARAKAT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI: Temuan Empiris Dampak Daerah Bencana Menurut Kabupaten dan Kota Di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
3. BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bencana alam dalam beberapa dekade terakhir telah banyak dipertimbangkan dalam mempengaruhi pertumbhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan bencana alam antara pengaruh kerusakan asset dan individu terhadap kesejahteraan masyarakat dengan bencana yang di teliti iyalah bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, penelitian ini juga menjelaskan hubungan keterkaitan bencana alam dan kesejahteraan dengan sosial demografi wilayah bedasarkan jumlah seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia periode tahun 2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data Pendapatan Potensi Desa (PODES) yang diakses dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) dan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penggunaan data pada penelitian ini berdasarkan jumlah seluruh populasi kabupaten/kota yang ada di Indonesia yang berjumlah 514 kabupaten/kota. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dengan model regresi linear berganda OLS. Temuan penelitian menunjukan bahwa variable bencana alam kerusakan rumah, jumlah penduduk dan jalur evakuasi terhadap kesejahteraan masyarakat memiliki hubungan searah, hasil ini terbukti dari hasil uji signifikansi dan pengujian hipotesis memberikan hasil yang positif signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fajri Muharja SE. MSi
Uncontrolled Keywords: Bencana Alam, Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:57
Last Modified: 28 Apr 2021 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74733

Actions (login required)

View Item View Item