PENGARUH KATEKIN GAMBIR TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) MODEL DIABETES MELITUS GESTASIONAL

Rizkan, Caniago (2021) PENGARUH KATEKIN GAMBIR TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) MODEL DIABETES MELITUS GESTASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Bab. 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Bab 7. Penutup.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus Gestasional (DMG) terjadi akibat peningkatan glukosa darah pada saat kehamilan yang disebabkan oleh intoleransi glukosa. Katekin gambir (Uncaria gambir Roxb) merupakan zat aktif yang berasal dari ekstrak tanaman gambir yang memiliki sifat antioksidan dan memengaruhi sensitivitas insulin. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian asupan ekstrak katekin gambir terhadap kadar glukosa darah pada tikus putih (Rattus norvegicus) model diabetes melitus gestasional. Penelitian ini merupakan true experimental dengan rancangan post-test only control group design. Penelitian menggunakan 18 ekor tikus dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kontrol negatif (K-), kontrol positif (K+), dan perlakuan (P). Kelompok K+ dan P diinduksi Strepzotocin (STZ), dan pada P diberikan katekin gambir peroral dengan dosis 200 mg/kgBB/hari. Kadar glukosa darah diukur menggunakan glukocek Easytouch pada hari pertama, hari ke-3, hari ke-14 dan hari ke-20. Analisis data menggunakan T-test Dependent dan One way Anova yang dilanjutkan Post Hoc Bonferronni. Rerata kadar glukosa pada K- adalah 89,8 ±7,759 mg/dl, K+ adalah 312±41,958 mg/dl, dan P adalah 223,8±71,402 mg/dl. Terdapat penurunan bermakna kadar glukosa darah tikus pada kelompok perlakuan (p=0,013). Selain itu terdapat perbedaan bermakna pemberian isolat katekin gambir pada kadar glukosa darah kelompok P dengan kontrol positif (p=0,041), dan kontrol negatif (p=0,002). Kesimpulan penelitian ini adalah ekstrak katekin gambir dapat memengaruhi kadar glukosa darah pada tikus model diabetes melitus gestasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Bobby Indra Utama, SpOG(K)
Uncontrolled Keywords: Katekin, Gambir, Streptozotocin, Diabetes Melitus Gestasional.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:07
Last Modified: 29 Apr 2021 02:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74716

Actions (login required)

View Item View Item