Hubungan Aktivitas di Luar Ruangan (Outdoor Activity) dengan Miopia pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2019 Universitas Andalas

Nabila, Alifina (2021) Hubungan Aktivitas di Luar Ruangan (Outdoor Activity) dengan Miopia pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2019 Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak baru nana.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi)
full text baru nana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Miopia atau rabun jauh yaitu suatu kondisi ketika cahaya yang memasuki mata terfokus di depan retina sehingga objek yang jauh menjadi terlihat kabur. Penyebab terjadinya miopia dapat disebabkan karena adanya gangguan pada regulasi pertumbuhan mata. Gangguan regulasi tersebut dapat bersifat herediter atau pengaruh lingkungan yang salah satunya adalah aktivitas di luar ruangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan aktivitas di luar ruangan (Outdoor Activity) dengan miopia pada mahasiswa kedokteran angkatan 2019 Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan pendekatan case control study melalui teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 60 responden, terdiri dari 30 orang menderita miopia dan 30 orang emetropia. Pengumpulan data dilakukan dengan terlebih dahulu mengelompokkan responden menjadi kelompok kasus yaitu kelompok yang menderita miopia dan kontrol yaitu kelompok yang memiliki visus 6⁄6. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuesioner. Selanjutnya, data diolah dengan uji statistik chi squre. Terdapat 45% responden yang memiliki aktivitas di luar ruangan kurang dari tiga jam menderita miopia dan hanya 5% responden yang memiliki aktivitas di luar ruangan lebih dari tiga jam yang menderita miopia. Uji statistik pearson chi square dilakukan untuk menganalisis data dan melihat hubungan aktivitas di luar ruangan (Outdoor Acitivity) dengan miopia dan didapatkan nilai p<0,05. Kesimpulan penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara aktivitas di luar (Outdoor Activity) ruangan dengan miopia pada mahasiswa kedokteran angkatan 2019 Universtitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Kemala Sayuti, Sp.M(K)
Uncontrolled Keywords: miopia, aktivitas di luar ruangan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:01
Last Modified: 07 May 2021 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74665

Actions (login required)

View Item View Item