Evaluasi Saluran Drainase Fakultas Teknik Universitas Andalas Menggunakan Software Epa-Swmm V5.1 (Storm Water Management Model)

Refnovita, Yulianty (2021) Evaluasi Saluran Drainase Fakultas Teknik Universitas Andalas Menggunakan Software Epa-Swmm V5.1 (Storm Water Management Model). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup Kesimpulan))
3. BAB akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (5. Tugas Akhir Keseluruhan)
5. Tugas Akhir Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Andalas merupakan salah satu universitas yang terdapat di Padang, Sumatra Barat. Sebuah universitas harus memiliki sarana dan pra sarana serta fasilitas yang layak bagi mahasiswanya agar universitas tersebut dapat berkembang dan maju untuk beberapa tahun kedepannya. Salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh kampus adalah sistem drainase. Salah satu fakultas yang terdapat pada universitas ini yaitu Fakultas Teknik. Di Fakultas ini sudah terdapat saluran drainase yang cukup, akan tetapi belum berfungsi secara maksimal. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi saluran drainase eksisting menggunakan software EPA-SWMM v5.1 dan mengevaluasi saluran tersebut jika mengalami pelimpasan. Metoda yang digunakan adalah metoda aritmatik dengan menggunakan jumlah data 20 tahun, yaitu stasiun Batu Busuak dan Ladang Padi. Penelitian pada daerah ini menggunakan periode ulang 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan 20 tahun. Metoda distribusi yang dipakaii adalah Distribusi Normal, dan sudah lulus uji kecocokan Chi Kuadrat dan Smirnov-Kolmogorov. Pada saat observasi, ditemukan saluran drainase yang memiliki masalah, seperti saluran yang tertutup oleh sampah, saluran yang tidak terhubung satu sama lain, saluran drainase yang tidak diselesaikan, dan lain sebagainya. Luas area penelitian ini adalah sekitar 8.23 Ha, dengan 14 subcathchment, 33 junction, 30 conduit, dan 1 outfall. Dari saluran drainase eksisting ini terdapat 4 titik yang mengalami pelimpasan. Yaitu pada junction J32, junction Jeksisting1, junction Jeksisting2, dan junction Jeksisting4. Setelah dievaluasi dan direncanakan, terdapat 13 subcathchment, 35 junction, 33 conduit, dan 2 outfall. Hasil dari evaluasinya adalah sudah tidak terjadi lagi limpasan pada daerah Fakultas Teknik. Kata Kunci : Limpasan, Saluran Drainase, Evaluasi, Software EPA-SWMM v5.1

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Februarman, MT
Uncontrolled Keywords: Limpasan, Saluran Drainase, Evaluasi, Software EPA-SWMM v5.1
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:29
Last Modified: 27 Apr 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74645

Actions (login required)

View Item View Item