Efektivitas Penggunaan Antipiretik dalam Penatalaksanaan Demam pada Pasien Sepsis di Intensive Care Unit (ICU): Literature Review

Raisa, Mutia Yasril (2021) Efektivitas Penggunaan Antipiretik dalam Penatalaksanaan Demam pada Pasien Sepsis di Intensive Care Unit (ICU): Literature Review. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penatalaksanaan demam pada pasien sepsis di ICU cukup bervariasi. Peningkatan suhu tubuh merupakan respon adaptif yang baik terhadap infeksi, sehingga rata-rata demam pada sepsis tidak diberikan pengobatan khusus. Namun sebaliknya, demam memiliki efek terhadap peningkatan kebutuhan metabolik dan fungsi kardiopulmonal pada pasien sepsis. Oleh karena itu, tinjauan naratif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan terapi antipiretik pada pasien sepsis. Penelusuran literatur dilakukan dalam tiga basis data yaitu Pubmed, DOAJ, dan BMC untuk menemukan artikel observasional dan uji klinis yang akan diseleksi menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Sebanyak dua puluh studi dimasukkan dalam tinjauan naratif ini. Hasil yang kontras dilaporkan antar studi; beberapa penelitian menunjukkan hasil yang lebih baik pada pasien setelah pemberian antipiretik, sementara penelitian lainnya menemukan peningkatan risiko kematian yang terkait dengan penggunaan antipiretik serta sebagian lainnya menemukan adanya manfaat peningkatan suhu tubuh saat mengalami infeksi dan sepsis. Kesimpulan yang didapatkan adalah terapi antipiretik harus diberikan sesuai dengan kondisi klinis dan rentang peningkatan suhu tubuh pasien, serta pemberian antipiretik ini dapat bermanfaat pada pasien dengan komorbiditas yang biasanya rentan terhadap peningkatan suhu tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elly Usman, MS, Apt.
Uncontrolled Keywords: antipiretik, demam, penyakit kritis, sepsis
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:56
Last Modified: 26 Apr 2021 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74593

Actions (login required)

View Item View Item