PERENCANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN METODE PERFORMANCE BASED PLASTIC DESIGN (PBPD)

Muhammad, Rifqi Yuliandri (2021) PERENCANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN METODE PERFORMANCE BASED PLASTIC DESIGN (PBPD). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI (Penutup).pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang sedang banyak melakukan pembangunan gedung/bangunan bertingkat, tidak hanya dipusat kota tapi juga sudah berkembang sampai ke bagian pemukiman warga. Dengan banyaknya bangunan bertingkat ini, sehingga memunculkan masalah yaitu apakah bangunan tersebut dapat kuat dan aman serta tidak membahayakan nyawa orang di dalamnya. Masalah ini umumnya disebabkan oleh bencana alam yaitu gempa bumi. Untuk menahan gaya gempa yang bekerja pada sistem bangunan maka diperlukan struktur bangunan yang direncanakan berdasarkan peraturan-peraturan untuk perencanaan tahan gempa. Indonesia saat ini telah menggunakan pedoman SNI 1726:2019 mengenai tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan nongedung yang merupakan peraturan pengganti SNI 1726:2012. Selain itu, peneliti Liao & Goel (2010) juga telah mengembangkan metode Performance Based Plastic Design (PBPD) yang digunakan untuk struktur baja, tetapi sekarang juga dapat digunakan untuk struktur beton bertulang. Pada penelitian ini studi dilakukan terhadap struktur beton bertulang 10 lantai yang diberi beban gempa berupa gaya lateral berdasarkan SNI 1726:2019 dan Metode Performance Based Plastic Design (PBPD). Setelah itu, dilakukan analisis pushover dimana struktur benar-benar didorong (push) untuk mendapatkan tahanan beban lateral yang diikuti oleh leleh secara bertahap hingga terjadi deformasi plastis. Dari analisis pushover didapatkan nilai daktilitas untuk SNI 1726:2019 sebesar 3,052 dan untuk Metode Performance Based Plastic Design (PBPD) diperoleh sebesar 3,115. Level kinerja struktur untuk SNI 1726:2019 termasuk dalam level damage control dan untuk Metode Performance Based Plastic Design (PBPD) termasuk dalam level life safety.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Jati Sunaryati, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Struktur Beton Bertulang, SNI 1726:2019, Performance Based Plastic Design (PBPD), Analisis Pushover
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:21
Last Modified: 29 Apr 2021 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74573

Actions (login required)

View Item View Item