Analisis Peningkatan Stabilitas Embankment dan Daya Dukung Lapisan Tanah dibawah Embankment dengan dan Tanpa Cerucuk Kayu Gelam

Erina, Ramadhani (2021) Analisis Peningkatan Stabilitas Embankment dan Daya Dukung Lapisan Tanah dibawah Embankment dengan dan Tanpa Cerucuk Kayu Gelam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Daerah Tanjung Api – Api, Sumatera Selatan merupakan salah satu Kawasan yang tersusun atas tanah lunak sehingga apabila konstruksi dibangun diatas tanah tersebut akan menimbulkan permasalahan daya dukung dan penurunan tanah. Dari permasalahan tersebut dapat dilakukan tindakan untuk memperbaiki atau mempertahankan kemampuan dan kinerja tanah dengan tindakan stabilitas mekanis yaitu memasukkan material sisipan kedalam lapisan tanah dengan menggunakan perkuatan yang disebut cerucuk. Pada penelitian kali ini, peneliti akan menganalisa stabilitas timbunan, daya dukung tanah serta penurunan tanah dengan memvariasikan panjang dan diameter dari pondasi cerucuk serta spasi/jarak antar cerucuk. Data tanah yang diambil adalah dalam kondisi undisturbed lalu didapatkan parameter tanah untuk melakukan perhitungan. Perhitungan dilakukan dengan dua cara yaitu metode analitik dan menggunakan software PLAXIS 8.6. Setelah dilakukan perhitungan secara manual dan dengan menggunakan software PLAXIS 8.6 maka dapat dilakukan analisis perbandingan nilai dengan perkuatan cerucuk gelam dan tanpa perkuatan cerucuk gelam. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa stabilitas timbunan mengalami peningkatan setelah diberi perkuatan pada pengguanaan spasi 0,5 m dengan diameter 0,1 sebesar 19,989 %, daya dukung tanah semakin meningkat pada penggunaan spasi 0,5 m dengan diameter 0,1 sebesar 77,443 % (metoda Terzaghi) dan 118,776 % (output PLAXIS 8.6 dengan metoda Buttler and Hoy), serta penurunan semakin berkurang setelah diberikan perkuatan dibandingkan dengan tanpa perkuatan tanah, pada penggunaan spasi 0,5 m dan diameter 0,1 sebesar 80,290 % (perhitungan manual) dan 78,373 % (output PLAXIS 8.6).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Andriani, MT
Uncontrolled Keywords: Cerucuk, Kayu Gelam, Daya Dukung, Timbunan, Penurunan, PLAXIS 8.6
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:19
Last Modified: 23 Apr 2021 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74540

Actions (login required)

View Item View Item