UJI KESESUAIAN TUMBUHAN KIRINYUH (Chromolaena odorata (L.) R.M. King & H. Rob.) UNTUK REKLAMASI BEBERAPA LAHAN BEKAS TAMBANG

Dila, Karina Andini (2021) UJI KESESUAIAN TUMBUHAN KIRINYUH (Chromolaena odorata (L.) R.M. King & H. Rob.) UNTUK REKLAMASI BEBERAPA LAHAN BEKAS TAMBANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 _ DKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 _ DKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_DKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_Dila Karina Andini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Dila Karina Andini.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai uji kesesuaian tumbuhan kirinyuh (Chromolaena odorata (L.) R.M. King & H. Rob.)) untuk reklamasi lahan bekas tambang hingga saat ini masih sangat terbatas. Pada bulan Juli 2020 telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pertumbuhan tanaman C. odorata pada lahan bekas tambang yang berbeda dan mengetahui pengaruh tanaman C. odorata terhadap kandungan nitrogen tanah lahan bekas tambang yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 5 ulangan dengan media tanah yang berbeda yaitu tanah pasca tambang emas, tanah pasca tambang batu bara, tanah pasca tambang batu kapur dan tanah humus sebagai kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa C. odorata dapat tumbuh dengan baik pada tanah pasca tambang emas namun tidak tumbuh dengan baik pada tanah pasca tambang batu kapur. Perubahan secara signifikan dapat dilihat pada tinggi tanaman, panjang akar, rasio tajuk/akar, jumlah akar lateral, berat kering dan juga perubahan kadar pH tanah. C. odorata juga mampu meningkatkan kandungan unsur hara nitrogen pada tanah pasca tambang yang kekurangan nitrogen. Kata Kunci : Chromolaena odorata, invasif, nitrogen, reklamasi, tanah tambang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Solfiyeni, MP
Uncontrolled Keywords: Chromolaena odorata, invasif, nitrogen, reklamasi, tanah tambang.
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 23 Apr 2021 05:59
Last Modified: 23 Apr 2021 05:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74518

Actions (login required)

View Item View Item