APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PERENCANAAN DAN PEMODELAN JALAN

Yogi, Syaputra (2021) APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PERENCANAAN DAN PEMODELAN JALAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Yogi Syaputra-1710922067)
5. Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penerapan teknologi BIM dapat membantu penyelenggaraan infrastruktur sipil seperti jalan dan jembatan dalam hal meningkatkan akurasi perencanaan, mitigasi risiko konstruksi, serta merencanakan seluruh siklus hidup proyek aset infrastruktur dengan lebih baik. Penerapan teknologi BIM pada perencanaan jalan mengombinasikan teknologi GIS (Geographic Information System) dengan teknologi BIM itu sendiri, atau yang biasa disebut sebagai BIM Geospasial. Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini untuk mengaplikasikan teknologi BIM, menjelaskan tahapan perencanaan dan pemodelan jalan dengan BIM, dan mengidentifikasi kelebihan penggunaan BIM dibandingkan dengan metode konvensional. Lokasi perencanaan jalan adalah pada daerah Gunung Nago, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Prosedur pengerjaan tugas akhir ini meliputi pengumpulan data, pengolahan data dengan Agisoft Metashape, input data DEM dan data gambar orthophoto hasil pengolahan Agisoft Metashape ke Autodesk® InfraWorks®, perencanaan jalan dengan Autodesk® InfraWorks®, output model perencanaan jalan, serta penyajian data dan penulisan tugas akhir. Hasil dari pengerjaan tugas akhir ini berupa file dengan format 3D model, file format IMX, file format FGDB, dan video animasi. Kesimpulan yang didapatkan dari pengerjaan tugas akhir ini yaitu Aplikasi teknologi BIM pada perencanaan dan pemodelan proyek jalan dapat dilakukan dengan menggunakan software Agisoft Metashape untuk melakukan pengolahan data foto udara yang diambil menggunakan drone dan menggunakan software Autodesk® InfraWorks® untuk perencanaan dan pemodelan dari jalan tersebut. Kelebihan metode BIM adalah efisiensi waktu, tenaga, dan visualisasi 3D yang terlihat nyata. Saran untuk penelitian selanjutnya agar dapat mencoba melanjutkan perencanaan jalan menggunakan software Autodesk® Civil 3D®.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Taufika Ophiyandri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Building Information Modelling, Perencanaan dan Pemodelan Jalan, Drone, Autodesk® InfraWorks®, Agisoft Metashape
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:58
Last Modified: 30 Apr 2021 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74492

Actions (login required)

View Item View Item