IMPLEMENTASI KODE ETIK JURNALISTIK PADA PORTAL BERITA ONLINE SUMBAR.ANTARANEWS.COM, HARIANSINGGALANG.CO.ID, DAN HARIANHALUAN.COM (Studi Kasus pada Berita Hukum dan Kriminal Periode September 2019 - Januari 2020)

Diana, Rizky Oktaviani (2021) IMPLEMENTASI KODE ETIK JURNALISTIK PADA PORTAL BERITA ONLINE SUMBAR.ANTARANEWS.COM, HARIANSINGGALANG.CO.ID, DAN HARIANHALUAN.COM (Studi Kasus pada Berita Hukum dan Kriminal Periode September 2019 - Januari 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Draft Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Media di Indonesia khususnya di Kota Padang secara garis besar wajib bertanggung jawab di hadapan masyarakat terkait segala informasiyang diberikan. Pada portal berita online atau media siber terdapat pedoman khusus agar wartawan secara profesional dapat melaksanakan fungsi, hak serta kewajibannya sesuai dengan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan KEJ (Kode Etik Jurnalistik) yang disebut dengan PPMS (Pedoman Pemberitaan Media Siber). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan portal berita online Sumbar.antaranews.com, Hariansinggalang.co.id, dan Harianhaluan.com dalam mengimplementasikan KEJ pada pemberitaan hukum dan kriminal, dan mendeksripsikan hambatan portal berita online Sumbar.antaranews.com, Hariansinggalang.co.id, dan Harianhaluan.com selama mengimplementasikan KEJ pada pemberitaan hukum dan kriminal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tanggung jawab sosial dari Komisi Hutchins. Hasil penelitian menunjukkan ketiga media sudah mampu mengimplementasikan KEJ pada pemberitaan hukum dan kriminal yang terlihat dari beberapa berita yang tidak melanggar KEJ. Dalam setiap pemberitaan yang disajikan, dewan pers menyebutkan bahwa wartawan hanya berusaha mengeksploratif dan tidak merekomendasikan berita yang melanggar KEJ. Terdapat tiga faktor yang sama yang menjadi hambatan pada ketiga portal berita online antara lain wartawan dari ketiga media sama-sama masih kurang memahami KEJ sehingga tidak mampu menuliskan berita sesuai dengan harapan media masing-masing. Kemudian ketiga media sama-sama memiliki wartawan yang belum mampu menuangkan ide menulis dengan baik dalam berita yang diangkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M. Si
Uncontrolled Keywords: Media, KEJ, Dewan Pers, Tanggung Jawab Sosial, Hukum dan Kriminal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:00
Last Modified: 22 Apr 2021 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74470

Actions (login required)

View Item View Item