ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI PENGOLAH LAHAN DALAM HUTAN NAGARI SUNGAI BULUH TIMUR KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Elvira, Syafitri (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI PENGOLAH LAHAN DALAM HUTAN NAGARI SUNGAI BULUH TIMUR KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK dan COVER.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perhutanan sosial merupakan sistem pengelolaan sumber daya hutan pada kawasan hutan negara dan atau hutan hak dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku atau mitra utama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan kelestarian hutan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat partisipasi masyarakat pengolah lahan dalam pengelolaan perhutanan sosial, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat pengolah lahan dalam pengelolaan perhutanan sosial. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat pengolah lahan yang mengelola hutan nagari sungai buluh timur dengan jumlah sampel 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat pengelolah lahan dalam mengelola hutan nagari sungai buluh timur berada pada kategori sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat pengolah lahan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai uji F sebesar 11,773. Secara parsial variabel usia, pendidikan, luas lahan dan sosialisasi kelembagaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat partisipasi masyarakat pengolah lahan di hutan nagari sungai buluh timur, sedangka untuk faktor jarak tidak mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat pengolah lahan. Peran pemerintah dan keterlibatan masyarakat pengolah lahan serta pengurus LPHN sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan program pengelolaan perhutanan sosial di nagari sungai buluh timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, SP. MSi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Hutan, Perhutanan Sosial
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:53
Last Modified: 21 Apr 2021 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74418

Actions (login required)

View Item View Item