Gerakan Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat Terhadap Penolakan Revisi Undang - Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Ariq Fadel, Herman (2021) Gerakan Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat Terhadap Penolakan Revisi Undang - Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
cover ariq.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari respon penolakan masyarakat terkait adanya revisi atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah dan DPR RI tahun 2019. Gerakan penolakan juga terjadi di Sumatera Barat yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, aktivis LSM dan unsur masyarakat sipil lainnya. Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat (KMSS) merupakan sekumpulan organisasi masyarakat sipil yang juga ikut serta melakukan penolakan terhadap revisi Undang-Undang tersebut. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat memperjuangkan penolakan terhadap Revisi UU KPK. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat dalam melakukan penolakan terhadap revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk menentukan informan penelitian menggunakan purposif sampling. Untuk membantu menjelaskan fenomena peneliti menggunakan teori komprehensif gerakan sosial yang merupakan perpaduan dari tiga teori dominan dalam melihat gerakan sosial baru oleh Doug McAdam, John D. McCarthy, dan Mayer N Zald ditambah konsep masyarakat sipil dari AS Hikam. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh KMSS berawal dari melakukan konsolidasi gerakan dan berlanjut dengan cara-cara kampanye media sosial, penyebaran pamflet, aksi-aksi kreatif, petisi dan demonstrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indah Adi Putri, M.IP
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sosial, Revisi UU KPK, Anti Korupsi, Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:29
Last Modified: 20 Apr 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74322

Actions (login required)

View Item View Item