TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PUTUSAN HAKIM YANG MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (Studi Kasus Terhadap Perkara Nomor 38/Pid.Sus-Anak/2019/PNPdg)

Yulia, Trisanta (2020) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PUTUSAN HAKIM YANG MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (Studi Kasus Terhadap Perkara Nomor 38/Pid.Sus-Anak/2019/PNPdg). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahulaun)
Bab I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum pencurian adalah mengambil barang milik orang lain secara tidak sah atau tanpa seizin pemilik. Dalam Pasal 365 ayat (1) KUHPidana disebutkan “ diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun, pencurian yang didahului, disertai, atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, terhadap orang dengan maksud untuk mempersiapkan atau mempermudah pencurian, atau dalam hal tertangkap tangan, untuk memungkinkan melarikan diri sendiri atau peserta lainnya, atau untuk tetap menguasai barang yang dicuri.” Dalam Pasal 365 ayat (2) angka 2 KUHPidana disebutkan bahwa diancam dengan pidana paling lama duabelas tahun jika perbuatan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu. Dan pada ayat (2) angka 4 menyebutkan apabila perbuatan tersebut mengakibatkan luka berat. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan unsur-unsur dari Pasal 365 ayat (2) ke-2 KUHPidana jo Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dalam perkara Nomor 38/Pid.Sus-Anak/2019/PNPdg 2) bagaimanakah dasar pertimbangan hakim dalam penjatuhan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam perkara Nomor 38/Pid.Sus-Anak/2019/PNPdg. Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Negeri Klas 1A Padang, metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode yuridis normatif dengan teknik pengumpulan data studi dokumen. Skripsi ini bertujuan mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam penjatuhan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam perkara Nomor 38/Pid.Sus-Anak/2019/PNPdg. Hasil penelitian pada skripsi ini adalah diketahui bahwa dalam menjatuhkan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan hakim mempertimbangkan banyak hal, termasuk hal-hal yang memberatkan serta hal-hal yang meringankan putusan. Dan dalam memberikan putusan, hakim sudah bertindak sesuai dengan Undang-undang serta aturan hukum yang mengatur. Kata Kunci: Tindak Pidana Anak, Dasar Pertimbangan Hakim

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Apr 2021 06:44
Last Modified: 19 Apr 2021 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74301

Actions (login required)

View Item View Item