PENGARUH PEMBERIAN JENIS PLASTICIZER DAN BEESWAX GALO-GALO (Tetragonula laeviceps) TERHADAP KADAR AIR, DAYA SERAP UAP AIR, DAN LAJU TRANSMISI UAP AIR EDIBLE FILM WHEY

TRI, MUHARAMITA MASYA (2021) PENGARUH PEMBERIAN JENIS PLASTICIZER DAN BEESWAX GALO-GALO (Tetragonula laeviceps) TERHADAP KADAR AIR, DAYA SERAP UAP AIR, DAN LAJU TRANSMISI UAP AIR EDIBLE FILM WHEY. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (KESIMPULAN))
BAB AKHIR (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT TRI MUHARAMITA MASYA)
SKRIPSI FULL TEXT TRI MUHARAMITA MASYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi perlakuan antara pemberian jenis plasticizer dan konsentrasi beeswax galo-galo terhadap parameter kadar air, daya serap uap air dan laju transmisi uap air edible film whey. Penelitian ini menggunakan limbah whey sebanyak 1.200 ml yang diambil dari peternakan Lassy Dairy Farm di Lasi, Kabupaten Agam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian yaitu pemberian plasticizer yaitu A1 (gliserol 3,0%), A2 (sorbitol 3,0%) dan penambahan beeswax galo-galo 4 taraf yaitu B1 (tanpa penambahan beeswax galo-galo), B2 (0,15%), B3 (0,30%), B4 (0,45%). Hasil yang didapatkan pada uji kadar air dengan rataan antara 10,63%-16,43%, daya serap uap air dengan rataan antara 10,45%-16,58%, dan laju transmisi uap air dengan rataan antara 4,60–5,22 g/m²/24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi (P>0,05) antara perlakuan pemberian jenis plasticizer dengan konsentrasi jenis beeswax terhadap parameter kadar air, daya serap uap air, dan laju transmisi uap air. Faktor A menunjukkan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar air, daya serap uap air, dan laju transmisi uap air edible film whey. Faktor B menujukkan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar air dan daya serap uap air edible film whey, serta berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap laju transmisi uap air edible film whey.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indri Juliyarsi, SP., MP
Uncontrolled Keywords: edible film whey, plasticizer, beeswax galo-galo
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:45
Last Modified: 15 Apr 2021 01:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74235

Actions (login required)

View Item View Item