PENGARUH WAKTU DAN PROPORSI PEMBERIAN PAKAN TERHADAP INTAKE PROTEIN, LAJU PERTUMBUHAN DAN INCOME OVER FEED COST AYAM BROILER

Al, Hafiz Syafnur (2021) PENGARUH WAKTU DAN PROPORSI PEMBERIAN PAKAN TERHADAP INTAKE PROTEIN, LAJU PERTUMBUHAN DAN INCOME OVER FEED COST AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI-FULL)
SKRIPSI-FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana pengaruh waktu dan proporsi pemberian pakan yang berbeda terhadap intake protein, laju pertumbuhan dan income over feed cost ayam broiler. Pada penelitian ini digunakan 100 ekor ayam campuran jantan dan betina Strain Platinum MB 202 dari PT. Japfa Comfeed. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang berbentuk kotak (box) dengan ukuran 80x70x60 cm per unit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan yang ditempatkan pada 20 unit kotak yang dilengkapi dengan tempat makan, tempat minum, lampu sebagai pemanas dan penerangan. Penelitian menggunakan pakan BR 1 (Starter) dan BR 2 (Finisher). Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian proporsi pakan yang berbeda pada waktu pagi, siang dan malam yang terdiri dari A = pemberian ad libitum, B = pemberian 30 % pagi, 25 % siang dan 45 % malam, C = pemberian 30 % pagi, 35 % siang dan 35 % malam, dan D = pemberian 30 % pagi, 45 % siang dan 25 % malam. Data yang didapatkan dianalisis dengan analisis ragam atau analysis of variance (ANOVA). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa perbedaan proporsi pemberian pakan pagi, siang dan malam berbeda sangat nyata (P<0.01) terhadap intake protein dan laju pertumbuhan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan pemberian pakan broiler lebih baik diberikan porsi pakan banyak di malam hari dan sedikit siang hari sesuai perlakuan B. Hasil penelitian ini didapatkan nilai intake protein ayam broiler berkisar 574.74 – 624.18 g/ekor selama penelitian, nilai laju pertumbuhan per minggu berkisar 0.722 – 0.752 dan nilai income over feed cost ayam broiler berkisar Rp 11.628 – Rp 15.558.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yan Heryandi, M.P
Uncontrolled Keywords: intake protein, laju pertumbuhan, income over feed cost, waktu pemberian , proporsi pemberian
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:28
Last Modified: 14 Apr 2021 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74220

Actions (login required)

View Item View Item