ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KENTANG (Solanum Tuberosum L.) DI KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

idri, soeharyani (2021) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KENTANG (Solanum Tuberosum L.) DI KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK-PDF.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN-PDF.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN-PDF.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-PDF.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT-PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur teknis tanaman yang dilakukan petani, pengaruh faktor-faktor produksi terhadap jumlah produksi pada usahatani serta mengetahui efisiensi ekonomis penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani kentang di Kecamatan Lembah Gumanti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey menggunakan 34 petani kentang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan bantuan kuisioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linear berganda dengan fungsi cobb-douglas dan analisis efisiensi produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur teknis yang dilakukan oleh petani di Kecamatan Lembah Gumanti ada yang belum sesuai dan ada yang telah sesuai dengan yang dianjurkan pada literatur, namun pada penggunaan faktor produksi belum sesuai dengan anjuran dari literatur. Faktor produksi tenaga kerja, bibit dan pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap produksi dengan koefisien determinasi (R2) = 0,650% sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model. Skala usaha pada usahatani kentang yang dilakukan pada lokasi penelitian berada pada keadaan decreasing return to scale dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,651. Penggunaan faktor produksi di Kecamatan Lembah Gumanti belum mencapai efisiensi sehingga faktor produksi tenaga kerja, bibit perlu ditambah, sedangkan faktor produksi pupuk kandang perlu dikurangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rahmat Syahni Z, MS. M.Sc.Ph.D
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Ekonomi, Faktor Produksi, Kentang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:19
Last Modified: 14 Apr 2021 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74217

Actions (login required)

View Item View Item