Uji Efektivitas Film Kolagen dari Kulit Ikan Gabus (Channa striata) sebagai Pembalut Luka Primer terhadap Penyembuhan Dermatitis Kontak Iritan pada Mencit

Diah, Amalia (2021) Uji Efektivitas Film Kolagen dari Kulit Ikan Gabus (Channa striata) sebagai Pembalut Luka Primer terhadap Penyembuhan Dermatitis Kontak Iritan pada Mencit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembalut luka secara umum digunakan untuk mencegah luka dari gangguan eksternal dan memberikan lingkungan yang ideal untuk penyembuhan luka. Tujuan dari studi ini adalah membuat film kolagen serta mengevaluasi karakteristik film kolagen dan efektivitasnya dalam menyembuhkan mencit yang diinduksi dengan asam klorida 10 %. Film kolagen diformulasikan dengan basis HPMC dan kolagen dari kulit Ikan Gabus (Channa striata) dalam berbagai konsentrasi, yaitu 0, 0,5, 1, dan 2 %. Evaluasi sediaan meliputi evaluasi gel berupa pH, viskositas, dan sifat alir gel, serta evaluasi film meliputi organoleptis dan ketebalan, karakteristik mekanik, daya serap air, permeabilitas terhadap uap air, dan kadar kelembaban film. Gel yang dihasilkan memiliki viskositas berkisar 4.000 – 50.000 Cps dan sifat alir tiksotropik. Film yang terbentuk berbau sedikit amis, transparan, fleksibel, dan tidak terdapat gelembung udara serta partikel. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil menunjukkan bahwa formula berpengaruh secara nyata (p<0,05) terhadap pH gel, ketebalan dan daya serap air film, permeabilitas uap air, karakteristik mekanik film, dan efektivitasnya terhadap penyembuhan luka pada mencit, sedangkan formula menunjukkan nilai yang tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap kelembaban film. Peningkatan kadar kolagen pada sediaan meningkatkan nilai ketebalan film akan tetapi menurunkan nilai pH gel, daya serap air film dan permeabilitas terhadap uap air film, serta menunjukkan nilai karakteristik mekanik film yang berbeda-beda. Film dengan kadar kolagen 2% (FIV) menghasilkan rata-rata persentase penyembuhan luka tercepat dalam proses penyembuhan luka pada mencit. Kata kunci : kolagen, film, Channa striata, Dermatitis Kontak Iritan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Rahmi Nofita R, M.Si
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 13 Apr 2021 04:28
Last Modified: 13 Apr 2021 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74182

Actions (login required)

View Item View Item