PENGARUH BENTUK BAHAN PAKAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DARI PRODUK LIMBAH SAWIT FERMENTASI DENGAN Phanerochaete chrysosporium DAN Neurospora crassa

Debby, Rahayu Putri (2021) PENGARUH BENTUK BAHAN PAKAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DARI PRODUK LIMBAH SAWIT FERMENTASI DENGAN Phanerochaete chrysosporium DAN Neurospora crassa. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Produk limbah sawit fermentasi dapat dibuat dalam bentuk mash dan pelet. Pembuatan produk fermentasi dalam skala besar untuk disimpan maka bisa dibuat dalam bentuk pelet karena memudahkan dalam pengangkutan dan lebih efisien dalam penempatan ruang penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh bentuk bahan dari produk limbah sawit fermentasi dengan Phanerochaete chrysosporium dan Neurospora crassa terhadap karakteristik fisik bahan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan uji statistik Uji- t dengan 2 perlakuan dan 10 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah produk limbah sawit fermentasi dalam bentuk mash dan bentuk pelet. Peubah yang diamati yaitu kadar air (%), kerapatan tumpukan (kg/m3), kerapatan pemadatan tumpukan (kg/m3), sudut tumpukan (0) dan berat jenis (g/cm3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bahan berpengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap karakteristik fisik produk limbah sawit fermentasi. Produk fermentasi dalam bentuk pelet memberikan karakteristik fisik yang lebih tinggi dibandingkan bahan bentuk mash. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan bentuk pelet berbasis campuran limbah sawit dan dedak fermentasi dengan Phanerochaete chrysosporium dan Neurospora crassa dapat meningkatkan karakteristik fisik pelet. Pada kondisi ini diperoleh kadar air 10,57%, kerapatan tumpukan 530,79 kg/m3, kerapatan pemadatan tumpukan 611,30 kg/m3, sudut tumpukan 33,490, berat jenis 1,29 g/cm3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Uncontrolled Keywords: Bentuk bahan, karakteristik fisik, limbah sawit, Phanerochaete chrysosporium dan Neurospora crassa.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:43
Last Modified: 12 Apr 2021 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74156

Actions (login required)

View Item View Item