Pengaruh Pemberian Berbagai Dosis Pupuk Kandang Sapi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Serai Wangi (Cymbopogon nardus L.) pada Tanah Ultisol

Milda, Sari (2021) Pengaruh Pemberian Berbagai Dosis Pupuk Kandang Sapi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Serai Wangi (Cymbopogon nardus L.) pada Tanah Ultisol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Universitas Andalas pada bulan Maret sampai Juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis pupuk kandang sapi terbaik terhadap tanaman serai wangi (Cymbopogon nardus L.) Dosis pupuk kandang sapi yang diberikan yaitu 0 kg per lubang tanam; 0,5 per lubang tanam; 1,0 kg per lubang tanam dan 1,5 kg per lubang tanam. Penelitian ini menggunakan faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan empat (4) taraf perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali, sehingga didapatkan 12 satuan percobaan. Data hasil pengamatan terakhir diuji dengan menggunakan sidik ragam (Uji F), apabila hasil Uji F menunjukan F Hitung perlakuan lebih besar dari F Tabel 5% maka dilanjutkan dengan Uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk kandang sapi terbaik terhadap tanaman serai wangi (Cymbopogon nardus L.) adalah dosis 1,5 kg per lubang tanam yang berpengaruh nyata dengan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, bobot segar daun, bobot kering daun, bobot segar tajuk, bobot per petak dan bobot per hektar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati, SP, MP
Uncontrolled Keywords: Serai wangi, pupuk kandang sapi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:46
Last Modified: 09 Apr 2021 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74128

Actions (login required)

View Item View Item