Aktivitas Ekstrak Daun Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) dalam Menekan Perkembangan Nematoda Bengkak Akar (Meloidogyne spp.) pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.)

Elisa, Oktavia (2021) Aktivitas Ekstrak Daun Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) dalam Menekan Perkembangan Nematoda Bengkak Akar (Meloidogyne spp.) pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Updated Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v penutup)
bab v penutup.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Elisa Oktavia watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nematoda Meloidogyne spp. merupakan salah satu penyebab penyakit bengkak akar pada tanaman tomat. Alternatif pengendalian dengan memanfaatkan nematisida nabati yang berpotensi menekan perkembangan nematoda ini diantaranya dengan memanfaatkan ekstrak daun Jarak Kepyar. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan letal konsentrasi (LC50 dan LC95) ekstrak daun Jarak Kepyar (Ricinus communis L.) terhadap larva nematoda secara in-vitro dan pengaruhnya terhadap perkembangan nematoda bengkak akar (Meloidogyne spp.) secara in-planta pada tanaman tomat. Penelitian dilakukan di Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman dan Rumah Kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada dua pengujian yaitu in-vitro dan in-planta. Pengujian in-vitro terdiri dari 6 perlakuan dan 5 ulangan, serta pada pengujian in-planta terdiri dari 3 perlakuan dan 9 ulangan. Pada pengujian in-vitro aplikasi ekstrak daun Jarak Kepyar mampu menekan perkembangan larva nematoda Meloidogyne spp. dengan nilai LC50 sebesar 0,27% dan LC95 sebesar 0,87%. Hasil pengujian in-planta menunjukkan pemberian ekstrak daun Jarak Kepyar dengan konsentrasi perlakuan 2xLC95 (1,74%) menunjukkan efektivitas sebesar 74,69% dalam menekan perkembangan nematoda Meloidogyne spp. pada perakaran tanaman tomat. Kata kunci: bengkak akar, Meloidogyne spp., Ricinus communis L., tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Winarto, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:34
Last Modified: 09 Apr 2021 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74116

Actions (login required)

View Item View Item