Optimalisasi Biaya Distribusi Beras (Studi Kasus: Distribusi Move Regional Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatera Barat)

Rani, Anjellika (2021) Optimalisasi Biaya Distribusi Beras (Studi Kasus: Distribusi Move Regional Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI RANI ANJELLIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sistem distribusi beras Movereg yang telah direalisasikan, (2) menentukan biaya transportasi distribusi beras yang optimum dengan rute distribusi terbaik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 juni 2020 hingga 25 juli 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap informan kunci yaitu staff Bagian Pengadaan Operasional Pelayanan Publik dan Staff Jasa Prima Logistik bagian Distribusi dan Angkutan dan studi literatur terkait penelitian. Analisis data untuk tujuan pertama menggunakan analisis deskriptif dan untuk tujuan dua dilakukan menggunakan North West Corner Method dan Stepping Stone. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa distribusi beras Move regional yang dilakukan oleh BULOG Divre Sumatera Barat belum optimal dilihat dari alokasi distribusi beras dan biaya transportasi yang dikeluarkan. Pada realisasinya alokasi beras yang dilakukan BULOG terdapat 2x pengiriman dalam satu periode dari gudang asal yang berbeda ke lokasi yang sama dibandingkan dengan alokasi distribusi optimum, dan total biaya alokasi distribusi yang dikeluarkan BULOG untuk realisasi bulan Januari 2019 hingga Mei 2020 yaitu sebesar Rp 2.420.696.500,- dibandingkan dengan menggunakan perhitungan alokasi distribusi optimum sebesar Rp Rp 2.418.068.215,- terdapat selisih biaya sebesar Rp 2.628.285,-. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan yaitu melakukan Analisis stock dengan mempertimbangkan permintaan dan ketersediaan beras pada daerah tujuan perbulannya sehingga dapat meminimalisir terjadinya 2 kali pengiriman dalam satu periode (bulan) dari gudang yang berbeda ke lokasi yang sama dan melaksanakan pola distribusi optimum untuk periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rahmat Syahni Z, MS., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Alokasi, Distribusi Beras
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:24
Last Modified: 09 Apr 2021 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74097

Actions (login required)

View Item View Item