ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP HAK ASUH ANAK PADA PERKARA PERDATA NO.799/Pdt.G/2019/PA.Pdg.

Salma, Mullina (2020) ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP HAK ASUH ANAK PADA PERKARA PERDATA NO.799/Pdt.G/2019/PA.Pdg. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya kasus perceraian yang diselesaikan melalui Pengadilan Agama, tentunya tidak luput dari peranan hakim dalam memutus perkara. Salah satu masalah yang diselesaikan oleh pengadilan tersebut adalah mengenai hak asuh anak. Tentunya seorang Ibu menginginkan hak asuh anak jatuh ketangannya, namun disisi lain seorang Bapak juga menginginkan hak tersebut jatuh ke tangannya. Rumusan Masalah yang timbul yaitu: 1) Apa saja pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap hak asuh anak dalam kasus perceraian? 2) Bagaimana dampak putusan pengadilan terhadap anak yang hak asuhnya jatuh kepada ayah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif, kemudan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil 1) Dalam putusan perkara perdata nomor 799/Pdt.G/2019/PA.Pdg. Majelis Hakim Pengadilan Agama Padang menjatuhkan Hak Asuh anak kepada Ayah dikarenakan Ibu tidak bisa diberi amanah untuk mengasuh anak dan telah meninggalkan anak yang masih kecil berumur kurang dari 2 tahun, oleh karena itu hakim memutuskan perlindungan sang anak yang bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpastisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabatnya 2) Dampak yang ditimbulkan dari perceraian adalah kurangnya kasih sayang yang dirasakan anak, menjadi tidak percaya diri, mudah terhasut oleh hal-hal yang negatif, sehingga dapat memicu tindak pidana yang dilakukan oleh anak. Kata Kunci : Hak Asuh Anak, Pertimbangan Hakim

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Linda Elmis, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:06
Last Modified: 09 Apr 2021 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74083

Actions (login required)

View Item View Item