Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Di Korong Wonorejo Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Fillia, Agustin Coirala (2021) Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Di Korong Wonorejo Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I-dikonversi.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6)
BAB VI-dikonversi.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
ARTIKEL UTUH-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fillia Agustin Coirala, 1710841003, Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Di Korong Wonorejo Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2021. Dibimbing oleh: Drs. Yoserizal, M.Si dan Dr. Syamsurizaldi, SIP, SE, MM. Skripsi ini terdiri dari 136 halaman dengan referensi 13 buku teori, 5 buku metode, 5 jurnal, 1 Undang-undang, 2 Dokumen, 2 Peraturan Pemerintah, dan 2 sumber internet. Korong Wonorejo merupakan salah satu destinasi wisata yang menonjolkan ekowisata dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dimana masyarakat mengelola potensi yang dimiliki dengan berupaya mencegah terjadinya degradasi lahan, pengalihan fungsi lahan yang berlebihan, serta hilangnya kearifan lokal. Pengembangan ekowisata di Korong Wonorejo diawali dengan pelaksanaan Program Kemakmuran Hijau oleh MCA Indonesia yang berasal dari dana hibah Pemerintah Amerika Serikat yang selesai tahun 2017. Keberlanjutan dari pengelolaan destinasi ini dilakukan oleh masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata Rimbawan Muda Wonorejo (Pokdarwis RMW). Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Community Based Tourism dalam pengembangan ekowisata berbasis masyarakat di Korong Wonorejo Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Community Based Tourism yang dikemukakan oleh Potjana Suansri. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa penerapan Community Based Tourism dalam pengembangan ekowisata di Korong Wonorejo sudah dilakukan oleh masyarakat, antara lain dalam bentuk adanya partisipasi masyarakat dalam pengembangan Ekowisata seperti memunculkan lapangan pekerjaan baru seperti Field Trip Coffe, dan terciptanya UKM kopi khas Wonorejo dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat , serta masih terjaganya lingkungan dan ekosistem masyarakat setempat akibat adanya aturan khusus bagi wisatwan yang dibuat oleh Pokdarwis RMW, adanya pemandu wisata, dan pembuatan jalur tracking bagi wisatawan serta pelestarian budaya lokal dalam bentuk latihan kesenian kuda kepang secara rutin bagi pemuda Korong Wonorejo. Hal ini juga dibuktikan dengan masih terjaganya lingkungan, budaya serta meningkatnya perekonomian masyarakat Korong Wonorejo. Namun masih kurang optimalnya pemerintah daerah sebagai fasilitator untuk melakukan Pengembangan Ekowisata berbasis masyarakat di Korong Wonorejo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Community Based Tourism, Pembangunan Berkelanjutan, Ekowisata.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:30
Last Modified: 08 Apr 2021 02:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74066

Actions (login required)

View Item View Item