KARAKTERISTIK KIMIA TANAH DAN KADAR HARA MANGROVE PADA DUA SPESIES MANGROVE DI MUARA SUNGAI BATANG MANGGUNG KOTA PARIAMAN

Azma, Nora Sukma (2021) KARAKTERISTIK KIMIA TANAH DAN KADAR HARA MANGROVE PADA DUA SPESIES MANGROVE DI MUARA SUNGAI BATANG MANGGUNG KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Azma Nora Sukma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ekosistem mangrove Kota Pariaman berada di Kecamatan Pariaman Utara dengan luas sebesar 16,5 ha. Abrasi pantai berdampak pada penurunan kualitas tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kimia tanah dan kadar hara mangrove pada spesies Rhizophora mucronata dan Sonneratia caseolaris yang terdapat di muara Sungai Batang Manggung Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juli sampai November 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei, sampel diambil secara purposive sampling. Sampel tanah diambil secara komposit kedalaman 0 - 30 cm pada setiap spesies mangrove. Parameter yang dianalisis meliputi pH tanah, C-organik, N-total, Kapasitas Tukar Kation (KTK), Basa - basa dan Daya Hantar Listrik (DHL) serta analisis kandunga hara (N, P, K, dan Na) pada daun mangrove. Hasil penelitian menujukkan bahwa karakteristik kimia tanah dan kandungan hara (N, P, K, dan Na) mangrove meliputi reaksi tanah (pH H2O) spesies Rhizophora mucronata memiliki kriteria netral dan agak masam pada spesies Sonneratia caseolaris, C-organik dengan kriteria tinggi (3.61%) pada spesies Rhizophora mucronata dan kriteria sedang (2.81%) pada Sonneratia caseolaris. N-total, Ca-dd dan Mg-dd memiliki kriteria yang sama yaitu rendah pada kedua spesies. KTK dan Na-dd termasuk kriteria sangat tinggi pada kedua spesies serta nilai DHL yang termasuk sedang. Kadar hara daun mangrove memiliki nilai 2.07 - 3.36% N, 0.00 - 0.01% P, 0.01 - 0.02% K, dan 0.03 - 0.07% Na.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS., MSc
Uncontrolled Keywords: abrasi pantai, ekosistem mangrove, sifat kimia tanah, hara daun mangrove, spesies mangrove
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:47
Last Modified: 06 Apr 2021 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73963

Actions (login required)

View Item View Item