Pengaruh Sistem Tanam Jajar Legowo dan Komposisi Pupuk Kandang Ayam dengan Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung (Zea mays L.)

Fina, Harmila (2021) Pengaruh Sistem Tanam Jajar Legowo dan Komposisi Pupuk Kandang Ayam dengan Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung (Zea mays L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan maret sampai juni 2020 di Nagari Aie Tajun, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi dari sistem tanam jajar legowo dan komposisi pupuk kandang ayam dengan pupuk NPK, untuk mengetahui pengaruh sistem tanam jajar legowo terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung, dan untuk mengetahui pengaruh pemberian komposisi pupuk kandang ayam dengan pupuk NPK dengan berbagai dosis terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok faktorial yang terdiri dari dua faktor dan tiga kelompok dengan rincian; Faktor I, pemupukan (P), P1 (10 ton/ha pupuk kandang ayam + 300 kg/ha NPK Phonska), P2 (15 ton/ha pupuk kandang ayam + 250 kg/ha NPK Phonska), dan P3 (20 ton/ha pupuk kandang ayam + 200 kg/ha NPK Phonska). Faktor II, jajar legowo (J), J1 (jajar legowo 2:1), J2 (jajar legowo 3:1), J3 (jajar legowo 4:1). Diperoleh 9 kombinasi perlakuan dengan 3 kelompok, sehingga terdapat 27 satuan percobaan. Data pengamatan dianalisis dengan menggunakan Analisis of Varians (ANOVA) uji F pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara sistem tanam jajar legowo dan komposisi pupuk kandang ayam dengan pupuk NPK. Masing-masing perlakuan sistem tanam jajar legowo tidak memperlihatkan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung. Begitu juga dengan perlakuan komposisi pupuk kandang ayam dengan pupuk NPK tidak memperlihatkan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Etti Swasti, MS
Uncontrolled Keywords: jagung, sistem tanam, jajar legowo, pupuk kandang ayam, dan pupuk NPK
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:21
Last Modified: 05 Apr 2021 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73956

Actions (login required)

View Item View Item