FAKTOR KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA SEBAGAI ALASAN TERJADINYA CERAI GUGAT DIPENGADILAN AGAMA KOTA PADANG PANJANG (Studi Perkara Nomor 278/Pdt.G/2019/PA.PP)

Helsha, Tiara.A (2021) FAKTOR KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA SEBAGAI ALASAN TERJADINYA CERAI GUGAT DIPENGADILAN AGAMA KOTA PADANG PANJANG (Studi Perkara Nomor 278/Pdt.G/2019/PA.PP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK + COVER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI HELSHA TIARA.A)
DRAFT HELSHA TIARA.A 1710112067.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Islam menjelaskan bahwa manusia itu diciptakan berpasang–pasangan.Untuk hidup berpasang-pasangan, terlebih dahulu manusia harus diikat dengan ikatan pernikahan yang sah, disinilah letak perbedaan manusia dengan makhluk-makhluk lainnya. Dalam menjalani hidup berumah tangga akan ada permasalahan yang timbul sehingga menimbulkan pertengkaran antara suami istri. Pada saat terjadinya pertengkaran emosi seseorang tidak akan terkendali, sehingga terjadi pelampiasan emosional yang berujung dengan kekerasan. Perkara Nomor 2798/Pdt.G/2019/PA.PP menjadi putusan yang berbeda dalam hal alasan terjadinya perceraian tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya KDRT sebagai alasan gugatan perceraian dalam putusan Perkara Nomor 278/Pdt.G/2019/PA.PP. 2) Bagaimana proses persidangan dalam menangani putusan Perkara Nomor 278/Pdt.G/2019/PA.PP. 3)Bagaimana pertimbangan hakim dalam putusan Perkara Nomor 278/Pdt.G/2019/PA.PP. Dalam dokumen ini penulis menggunakan metode penelitian yurudis empiris. Data utama dari penelitian ini adalah data yang diperoleh di lapangan. Di samping itu penulis juga melakukan penelitian terhadap bahan kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) faktor penyebab terjadinya KDRT dalam perkara ini yaitu faktor fisik, faktor psikis, dan faktor ekonomi. 2) Proses sudah berjalan sebagaimana proses beracara dalam hukum acara perdata biasa. 3) Pertimbangan hakim dalam putusan perkara ini berdasarkan pertimbangan hukum filosofis, normatif, dan sosiologis. Kata Kunci: Faktor Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Alasan Terjadinya Cerai Gugat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Linda Elmis,S.H,M.H
Uncontrolled Keywords: Faktor Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Alasan Terjadinya Cerai Gugat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:29
Last Modified: 06 Apr 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73948

Actions (login required)

View Item View Item