PENGARUH PERBANDINGAN PUPUK KANDANG KAMBING DAN TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L.)

Fevi, Nofrita (2021) PENGARUH PERBANDINGAN PUPUK KANDANG KAMBING DAN TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT - FEVI NOFRITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Serai wangi (Cymbopogon nardus L.) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri dari kelompok Graminae (rerumputan). Tanaman serai wangi termasuk komoditas tanaman perkebunan yang berpotensi untuk dikembang di Indonesia. Penelitian ini telah dilaksanakan di Rumah Kawat dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang pada bulan Juli – November 2020. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan pupuk kandang kambing dan tanah yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman serai wangi. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri 4 taraf perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah perbandingan pupuk kandang kambing dan tanah 0:1, 1:1, 1:2, dan 2:1. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam melalui uji F pada taraf 5%, jika uji F hitung lebih besar dari F tabel dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan pupuk kandang kambing dan tanah 1:1 yang terbaik pada peningkatan jumlah daun, bobot segar tajuk, bobot kering tajuk dan bobot kering akar tanaman serai wangi. Pada perbandingan pupuk kandang kambing dan tanah 2:1yang terbaik pada peningkatan jumlah anakan, bobot segar akar dan bobot segar tajuk tanaman serai wangi. Perbandingan pupuk kandang kambing dan tanah 1:2 terbaik pada peningkatan tinggi tanaman dan ratio tajuk akar tanaman serai wangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Armansyah, SP. MP
Uncontrolled Keywords: Pupuk Kandang Kambing, Tanah, Pertumbuhan, Hasil, Serai Wangi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:03
Last Modified: 05 Apr 2021 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73910

Actions (login required)

View Item View Item