EFEKTIVITAS METODE SILANG DALAM (INBREEDING) PADA TIGA VARIETAS GAMBIR (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) ASAL SUMATERA BARAT

Muhammad, Rizki (2021) EFEKTIVITAS METODE SILANG DALAM (INBREEDING) PADA TIGA VARIETAS GAMBIR (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) ASAL SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL MUHAMMAD RIZKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman gambir merupakan komoditas ekspor utama di Provinsi Sumatera Barat dengan manfaat serbaguna dan memiliki prospek pasar yang baik karena digunakan sebagai bahan baku industri. Keberagaman populasi yang ditimbulkan akibat sistem penyerbukan silang alami perlu penapisan dengan meningkatkan homozigositas melalui penyerbukan silang dalam (inbreeding). Penelitian ini bertujuan mendapatkan metode silang dalam yang efektif dari ketiga varietas gambir asal Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan UPT dan Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan Juli sampai Desember 2020 dengan menggunakan metode eksperimen. Penetapan tanaman sampel dan pemilihan klaster pada tanaman sampel dilakukan dengan purposive sampling sedangkan pemilihan bunga tunggal dilakukan dengan purposive random sampling. Variabel yang diamati yaitu jumlah bunga tunggal dalam bunga majemuk, persentase pembuahan, jumlah buah terbentuk, persentase buah panen, jumlah buah panen, fertilitas dan sterilitas serbuk sari, dan viabilitas serbuk sari. Data pengamatan kemudian di analisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode silang dalam yang paling efektif untuk ketiga varietas gambir seperti udang, cubadak, dan riau mancik adalah melalui penyerbukan silang buatan. Hal ini dibuktikan dengan persentase pembuahan yang dihasilkan melalui penyerbukan silang buatan pada ketiga varietas gambir sebesar 87,33% dibandingkan dengan persentase pembuahan melalui penyerbukan geitonogami alami sebesar 0,46% dan penyerbukan geitonogami buatan sebesar 2,67%.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aprizal Zainal, S.P, M.Si
Uncontrolled Keywords: gambir, homozigositas, inbreeding
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:07
Last Modified: 12 Apr 2021 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73896

Actions (login required)

View Item View Item