Pemodelan Potensi Konflik Manusia Dengan Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) Berdasarkan Data Historis Di Sumatera Barat

Vika, Widya Wati (2021) Pemodelan Potensi Konflik Manusia Dengan Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) Berdasarkan Data Historis Di Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (I_PENDAHULUAN)
I_PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text (V_PENUTUP)
V_PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi_Vika Widya Wati full.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sebaran spasial konflik antara manusia dengan harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Sumatera Barat menggunakan data historis yang diperoleh antara tahun 2005 dan 2019. Data konflik dicatat dari seluruh habitat harimau yang tersisa di Provinsi Sumatera Barat. Sepuluh variabel digunakan sebagai faktor lingkungan. Pemodelan sebaran spesies, Maxent (Maximum Entropy), dilakukan untuk mengidentifikasi variabel lingkungan yang paling baik dalam memprediksi sebaran kejadian konflik manusia-harimau (KMH) dan sebaran spasial KMH di Sumatera Barat. KMH tercatat di 14 kabupaten dan kota. Peluang kejadian KMH meningkat dengan semakin dekat ke kawasan konservasi dan pemukiman masyarakat, dua prediktor terbaik untuk KMH. Intensitas aktivitas manusia mungkin saja menjadi faktor utama penyebab KMH. Di antara 12 petak hutan, Maninjau dan Gunung Sago diperkirakan memiliki KMH tertinggi sedangkan Harau paling rendah. Penelitian ini memberikan informasi yang berguna untuk pengelolaan KMH di Sumatera Barat, khususnya untuk merumuskan strategi mitigasi yang efektif di daerah dengan kejadian KMH yang tinggi, untuk mengurangi kematian harimau akibat konflik dengan masyarakat di tepi hutan. Kata kunci: Maninjau, Maxent, pemodelan sebaran spesies, pemukiman masyarakat, sebaran spasial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aadrean
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 01 Apr 2021 08:56
Last Modified: 01 Apr 2021 08:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73876

Actions (login required)

View Item View Item