Analisis Perbandingan Metode AHP dan SAW dalam Pembangunan Aplikasi SPK untuk Menentukan Kelayakan Pemberian Kredit Kendaraan Pada PT BCA Finance Padang

Reyca, Risna Metty (2021) Analisis Perbandingan Metode AHP dan SAW dalam Pembangunan Aplikasi SPK untuk Menentukan Kelayakan Pemberian Kredit Kendaraan Pada PT BCA Finance Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I .pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan akan kendaraan saat ini sangat pesat disamping sebagai alat transportasi, kendaraan seperti mobil juga dijadikan sebagai alat untuk mata pencaharian. Dalam memenuhi kebutuhan itu tidak banyak masyarakat yang dapat membeli mobil secara cash, sebagian masyarakat melakukan pembelian dengan cara cicilan atau sering disebut kredit. Dalam praktiknya, pembayaran secara kredit ini sering mengalami berbagai kendala, salah satunya yaitu kredit macet. Untuk mengurangi terjadinya kredit macet, setiap konsumen harus memenuhi syarat layak kredit yang ditentukan oleh perusahaan, dimana setiap perusahaan memiliki syarat yang berbeda. Perusahaan BCA Finance Padang menerapkan prinsip kredit 5C yaitu Character, Capital, Capacity, Collateral dan Condition of economy sebagai faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih dan memilah calon nasabah. Proses pemilihan nasabah layak kredit ini merupakan permasalahan yang melibatkan banyak komponen atau kriteria yang dinilai (multi kriteria), sehingga dalam penyelesaiannya diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan multikriteria. Metode sistem pendukung keputusan yang multikriteria antara lain yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Namun keduanya mempunyai metode pengukuran yang berbeda - beda. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis perbandingan terhadap kedua metode tersebut sehingga di dapat metode mana yang paling tepat untuk digunakan dalam penentuan konsumen yang layak kredit sehingga nantinya dapat dibuatkan aplikasi sistem pendukung keputusan berdasarkan metode tersebut. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi SPK yang dapat memudahkan pihak perusahaan dalam menentukan nasabah layak kredit berdasarkan kriteria kelayakan yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: SPK, Kredit, Analytical Hierarchy Process, Simple Additive Weighting
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 05 Apr 2021 06:48
Last Modified: 05 Apr 2021 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73866

Actions (login required)

View Item View Item