PENGARUH GENDER&EDUCATIONAL DIVERSITY PADA JAJARAN DIREKSI DAN KOMISARIS TERHADAP INTERNASIONALISASI (STUDY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2018)

Merystika, Sevliani (2019) PENGARUH GENDER&EDUCATIONAL DIVERSITY PADA JAJARAN DIREKSI DAN KOMISARIS TERHADAP INTERNASIONALISASI (STUDY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2018). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (Thesis fulltext)
Thesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik dewan direksi dan dewan komisaris terhadap internasionalisasi pada perusahaan manufaktur di Indonesia tahun 2015-2018. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gender diversity dewan direksi, latar belakang pendidikan ekonomi dewan komisaris dan ukuran dewan komisaris, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah internasionalisasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan 276 sampel yang berasal dari 69 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data sekunder. Analisis data menggunakan model regresi berganda berbasis data panel, dan menggunakan ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas variabel kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan perempuan dalam jajaran direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap internasionalisasi, latar belakang pendidikan ekonomi dewan komisaris berpengaruh negatif dan signifikan terhadap internasionalisasi dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap internasionalisa

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fajri Adrianto, SE, M Bus
Uncontrolled Keywords: Internasionalisasi, Gender Diversity, Educational diversity, ukuran dewan komisaris
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 01 Apr 2021 06:50
Last Modified: 01 Apr 2021 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73862

Actions (login required)

View Item View Item