KAJIAN AKTIVITAS β-GLUKOSIDASE DAN SIFAT FISIKOKIMIA TANAH PADA LAHAN PERTANIAN HORTIKULTURA DENGAN PERBEDAAN POLA TANAM

Fitria, Dita Rahmatina (2021) KAJIAN AKTIVITAS β-GLUKOSIDASE DAN SIFAT FISIKOKIMIA TANAH PADA LAHAN PERTANIAN HORTIKULTURA DENGAN PERBEDAAN POLA TANAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas β-Glukosidase dan sifat fisikokimia tanah dengan dua tipe pola tanam pada lahan pertanian hortikultura, yaitu pola tanam monokultur dan tumpangsari. Penelitian ini telah dilaksanakan di Nagari Sariak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam dan di Laboratorium Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada bulan Maret sampai November 2020. Penelitian dilakukan dengan metoda survei. Sampel tanah diambil secara acak pada masing-masing lahan yang pola tanamnya berbeda (purposive sampling) dengan tiga ulangan. Parameter yang dianalisis yaitu aktivitas β-Glukosidase dan parameter sifat fisikokimia tanah seperti tekstur tanah, kadar air tanah, berat volume (BV), total ruang pori (TRP), permeabilitas, C-Organik dan pH H2O. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lahan dengan pola tanam monokultur memiliki nilai C-Organik, BV, TRP dandan permeabilitas tanah yang hampir menyamai kondisi hutan, sedangkan lahan dengan pola tanam tumpangsari memiliki sifat fisikokimia tanah yang lebih rendah dari pada lahan monokultur dan hutan. Namun, aktivitas β-Glukosidase kedua pola tanam ini tidak jauh berbeda yaitu 2,375-3,799 unit/jam untuk pertanaman monokultur dan 2,149-2,368 unit/jam untuk pertanaman tumpangsari. Aktivitas β-Glukosidase berkorelasi positif dengan C-Organik dan berkorelasi negatif dengan kadar air tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. Mimien Harianti, SP. MP
Uncontrolled Keywords: β-Glukosidase, C-Organik, pola tanam, monokultur, tumpangsari
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:38
Last Modified: 30 Mar 2021 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73769

Actions (login required)

View Item View Item