PENGARUH BEBERAPA DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL RIMPANG TANAMAN JAHE GAJAH (Zingiber officinale var. officinale) SISTEM PENANAMAN BAG CULTURE

budiman, budiman (2021) PENGARUH BEBERAPA DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN PUPUK UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL RIMPANG TANAMAN JAHE GAJAH (Zingiber officinale var. officinale) SISTEM PENANAMAN BAG CULTURE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak dan covver)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jahe gajah merupakan famili Zingibiberaceae, tergolong dalam tanaman obat, tumbuhan berbatang semu, serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mempunyai prospek pengembangan yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara perlakuan pupuk kandang ayam dan pupuk Urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jahe gajah, serta mendapatkan dosis pupuk kandang ayam dan dosis pupuk Urea terbaik. Penelitian telah dilaksanakan di Kelurahan Balai Gadang Lubuk Minturun, pada bulan Mei sampai September 2020. Metode penelitian ini berbentuk percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu pemberian pupuk kandang ayam dengan 4 taraf yaitu 0 ton/ha, 20 ton/ha, 40 ton/ha dan 60 ton/ha. Faktor kedua yaitu pemberian pupuk Urea dengan 4 taraf yaitu 0 kg/ha, 200 kg/ha, 400 kg/ha dan 600 kg/ha. Data dianalisis menggunakan uji F pada taraf 5% dan jika uji F lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan pemberian dosis 60 ton/ha pupuk kandang ayam dan 600 kg/ha pupuk Urea menghasilkan tinggi tanaman tertinggi. Pemberian dosis 60 ton/ha pupuk kandang ayam dan 200 kg/ha Urea menghasilkan bobot rimpang jahe gajah tertinggi. Pemberian dosis 60 ton/ha pupuk kandang ayam menghasilkan jumlah daun tertinggi. Pemberian 400 kg/ha pupuk Urea menghasilkan jumlah batang semu tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Indra Dwipa,MS
Uncontrolled Keywords: pupuk kandang ayam, pupuk Urea, pertumbuhan, hasil, jahe gajah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:23
Last Modified: 29 Mar 2021 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73751

Actions (login required)

View Item View Item