PENGARUH WAKTU TANAM BERSISIPAN (RELAY CROPPING) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG SEMI PUNGUT (BABY CORN) DENGAN TANPA OLAH TANAH

Haniel, David Gulo (2021) PENGARUH WAKTU TANAM BERSISIPAN (RELAY CROPPING) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG SEMI PUNGUT (BABY CORN) DENGAN TANPA OLAH TANAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terbaik pola tanam relay cropping terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung semi (baby corn) dengan tanpa olah tanah. Penelitian ini telah dilaksanakan selama lima bulan, dimulai pada bulan Februari sampai Juni 2020 di Jl. Adinegoro, Batang Kabung Ganting, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 taraf perlakuan dan masing-masing perlakuan terdiri dari 4 kelompok, sehingga terdapat 12 satuan percobaan (petakan) dan satu petakan sebagai kontrol yang tanaman jagung tidak ditanam dengan sistem berisispan (relay cropping). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf 5%. Hasil penelitian menyatakan bahwa sistem pola tanam relay cropping tanaman jagung semi dengan jagung semi sangat layak untuk diterapkan. Tanaman jagung semi dapat menyumbang keuntungan berdasarkan nilai areal time equivalent ratio pada perlakuan waktu penyisipan. Pada perlakuan waktu penyisipanan fase tasseling memberikan hasil areal time equivalent ratio yang paling tinggi yaitu sebesar 1,63 yang artinya dapat meningkatkan pemanfaatan waktu lahan sebesar 63% dibandingkan sistem pola tanam konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nasrez Akhir, MS
Uncontrolled Keywords: Jagung Semi, Tanpa Olah Tanah, Relay Cropping, Areal Time Equivalent Ratio
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:31
Last Modified: 29 Mar 2021 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73749

Actions (login required)

View Item View Item