INDUKSI EMBRIO SOMATIK PADA TIGA VARIETAS TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merrill) DENGAN BEBERAPA KONSENTRASI PICLORAM SECARA IN VITRO

Dinda, Viska Rina Putri (2021) INDUKSI EMBRIO SOMATIK PADA TIGA VARIETAS TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merrill) DENGAN BEBERAPA KONSENTRASI PICLORAM SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB V. KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full text- DINDA VISKA RINA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kedelai dalam program ekstensifikasi di Indonesia adalah dengan perbaikan varietas unggul. Perakitan kedelai transgenik tidak lepas dari keberhasilan proses regenerasi, oleh karena itu perlu diketahui cara regenerasi secara in vitro yang tepat melalui kultur jaringan untuk membantu program pemuliaan tanaman. Regenerasi tanaman secara in vitro melalui induksi embrio somatik lebih efektif karena berasal dari satu embrio bipolar dari jaringan somatik. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percoban Lahan Basah dan Laboratorium Kultur Jaringan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang dari bulan Juli sampai November 2020. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon tiga varietas kedelai yang diuji dengan penambahan beberapa konsentrasi Picloram dalam induksi embrio somatik dan mengetahui konsentrasi Picloram yang terbaik terhadap induksi embrio somatik pada tiga varietas kedelai yang diuji. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dilakukan secara paralel dalam satu percobaan dengan 4 taraf perlakuan konsentrasi Picloram dan diulang sebanyak 5 kali. Data disajikan dalam bentuk rata-rata ± standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konsentrasi Picloram 2.5 ppm sudah mampu untuk menghasilkan embrio somatik pada tiga varietas tanaman kedelai yang diuji Pemberian konsentrasi Picloram 7.5 ppm merupakan konsentrasi terbaik untuk persentase eksplan berkalus yang menghasilkan embrio pada varietas Derap (15%) dan Grobogan (25%) serta Picloram 2.5 ppm pada varietas Devon (30%). Pemberian konsentrasi Picloram 2.5 ppm merupakan konsentrasi terbaik untuk jumlah embrio somatik per eksplan yang menghasilkan embrio pada varietas Grobogan (1.60 embrio), Picloram 7.5 ppm pada varietas Derap (1.30 embrio) dan 10 ppm pada varietas Devon (1.62 embrio).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gustian, MS
Uncontrolled Keywords: embrio somatik, in vitro, kalus, kedelai, picloram
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:15
Last Modified: 29 Mar 2021 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73725

Actions (login required)

View Item View Item