Pengaruh Perebusan pada Suspensi Nata de Coco terhadap Kekuatan Tarik dan Diskolorasi Film Selulosa Bakteri Nata de Coco

Muhammad, Irfan (2021) Pengaruh Perebusan pada Suspensi Nata de Coco terhadap Kekuatan Tarik dan Diskolorasi Film Selulosa Bakteri Nata de Coco. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ultrasonikasi merupakan salah satu proses yang diperlukan pada pengolahan nata de coco untuk membentuk film. Proses ini bertujuan untuk membuat ukuran partikel menjadi nano. Namun perlakuan ultrasonic juga dapat merusak daerah kristal, sehingga menurunkan indeks kristalinitas dari nata de coco. Penurunan indeks kristalinitas ini akan menyebabkan penurunan sifat mekanik dan membuat material menjadi cepat berubah warna (diskolorasi). Sehingga dibutuhkan perlakuan tambahan untuk memperbaiki daerah kristal yang sudah rusak guna meningkatkan indeks kristalinitasnya. Upaya untuk meningkatkan daerah kristal tersebut adalah dengan proses perebusan. Proses perebusan setelah ultrasonic diharapkan mampu meningkatkan indeks kristalinitasnya dengan menyusun kembali daerah kristalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perebusan pada suspensi nata de coco hasil ultrasonic terhadap kekuatan tarik dan diskolorasi film yang dihasilkan. Penelitian ini perlu dilakukan guna meningkatkan nilai guna dari film yang dihasilkan, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti plastik atau kemasan makanan yang memiliki sifat mekanik yang baik dan tahan terhadap perubahan warna. Pengujian tarik dilakukan menggunakan mesin uji tarik mini dengan ASTM D638 tipe lima sebagai standarnya. Sedangkan uji diskolorasi dilakukan menggunakan colorimeter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin lama proses perebusan suspensi hasil ultrasonic, maka akan menyebabkan semakin tinggi nilai kekuatan tarik, nilai modulus elastisitas, nilai elongasi, serta semakin rendah diskolorasi film yang dihasilkan. Proses perebusan suspensi nata de coco setelah ultrasonic ini menyusun kembali daerah kristal sehingga meningkatkan indeks kristalinitas nata de coco tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.-Ing. Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: Ultrasonikasi, Ultrasonic, Film, Diskolorasi, Indeks Kristalinitas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:15
Last Modified: 01 Apr 2021 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73706

Actions (login required)

View Item View Item