Pengaruh Pemanfaatan Jerami Bengkuang (Pachyrhizus erosus) Sebagai Alternatif Pengganti Rumput Dalam Ransum Ternak Ruminansia Terhadap Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik, Protein Kasar Secara In-vitro

Muhammad, Bagus Pribadi (2021) Pengaruh Pemanfaatan Jerami Bengkuang (Pachyrhizus erosus) Sebagai Alternatif Pengganti Rumput Dalam Ransum Ternak Ruminansia Terhadap Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik, Protein Kasar Secara In-vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
1. Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Muhammad Bagus Pribadi)
5. Skripsi Muhammad Bagus Pribadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna memanfaatkan jerami bengkuang (Pachyrhizus erosus) sebagai pakan alternatif pengganti rumput dalam ransum ternak ruminansia dan bagaimana pengaruhnya terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar secara in-vitro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan berupa waktu pengambilan cairan rumen, yaitu perlakuan (A) rumput lapang 30% + jerami bengkuang 30% + konsentrat 40%, (B) rumput lapang 20% + jerami bengkuang 40% + konsentrat 40%, (C) rumput lapang 10% + jerami bengkuang 50% + konsentrat 40%, (D) jerami bengkuang 60% + konsentrat 40%. Pada penelitian kali ini peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif penggantian rumput lapang dengan jerami bengkuang tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap kecernaan bahan kering (KcBK), bahan organik (KcBO), dan protein kasar (KcPK). Data hasil kecernaan bahan kering didapatkan berkisar antara 72,81%-70,37%, kecernaan bahan organik berkisar antara 75,03%-72,25%, dan kecernaan protein kasar berkisar antara 60,19%-57,54%. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah pemanfaatan jerami bengkuang dapat digunakan sampai 100% sebagai alternatif pengganti rumput dalam ransum ternak ruminansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Elihasridas, MS
Uncontrolled Keywords: In-vitro, kecernaan, ransum, jerami bengkuang
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 25 Mar 2021 08:19
Last Modified: 25 Mar 2021 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73664

Actions (login required)

View Item View Item