PENGAWASAN LANGSUNG LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA PADANG PADA TAHUN 2017

FAISAL, AZMI (2020) PENGAWASAN LANGSUNG LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA PADANG PADA TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Faisal Azmi, Pengawasan Langsung Lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Dalam Pelayanan Publik Pada Bidang Pendidikan Di Kota Padang Pada Tahun 2017, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2021. Dibimbing oleh: Dr. Ria Ariany, M.Si dan Dr. Syamsurizaldi, S.IP, S.E, M.M. Skripsi ini terdiri dari 99 halaman, dengan referensi 15 buku teori, 1 skripsi dan 2 jurnal, 5 artikel internet dan 2 peraturan perundang-undangan. Ombudsman Republik Indonseia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat melakukan pengawasan terhadap pendidikan di Kota Padang dengan berpedoman kepada Peraturan Ombudsman Republik Indonesia No. 26 Tahun 2017 tentang Tata cara Penerimaan, Pemeriksaan, dan Penyelesaian Laporan. Untuk mengurangi terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan pelayanan publik dibidang pendidikan di Kota Padang sangat diperlukan suatu pengawasan sehingga siswa maupun orang tua siswa tidak resah terkait dengan adanya pelanggaran dalam proses pelaksanaan pelayanan publik dibidang pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana bentuk pengawasan Ombudsman dalam pelayanan pendidikan di Kota Padang pada Tahun 2017. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori pengawasan langsung Soewarno Handayaningrat. Melalui beberapa fase yaitu Sistem Verifikatif, Sistem Inspektif, dan Sistem Investigatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan dari teori yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat bahwa pengawasan pelayanan publik pada bidang pendidikan di Kota Padang oleh Ombudsman Republik Indonseia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat berjalan kurang maksimal, hal ini dibuktikan dengan laporan pendidikan masih menjadi salah satu yang tertinggi di Ombudsman Sumatera Barat khususnya pungli. Ombudsman tidak tegas dalam memberikan peringatan dan kurangnya koordinasi antara Ombudsman dengan dinas pendidikan dalam memantau bagaimana pelaksanaan usulan atau saran dari Ombudsman kepada setiap aspek pelayanan pendidikan di Kota Padang karena inisiatif Ombudsman dalam melakukan pengawasan pada saat ada laporan masyarakat saja serta tidak adanya prosedur khusus dalam melakukan pengawasan dibidang pendidikan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Pendidikan, Ombudsman
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 30 Mar 2021 06:18
Last Modified: 30 Mar 2021 06:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73657

Actions (login required)

View Item View Item