PENGARUH PENAMBAHAN MIKROKRISTALIN SELULOSA (MCC) KULIT DURIAN (Durio zibethinus M.) TERHADAP KARAKTERISTIK BIOPLASTIK DARI CAMPURAN PATI BIJI DURIAN DAN PATI SINGKONG (Manihot utilissima)

Ria, Vita Haryanto (2020) PENGARUH PENAMBAHAN MIKROKRISTALIN SELULOSA (MCC) KULIT DURIAN (Durio zibethinus M.) TERHADAP KARAKTERISTIK BIOPLASTIK DARI CAMPURAN PATI BIJI DURIAN DAN PATI SINGKONG (Manihot utilissima). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik bioplastik berbahan dasar campuran pati biji durian dan pati singkong dengan penambahan konsentrasi mikrokristalin selulosa kulit durian yang berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perlakuan terdiri dari A (bioplastik tanpa penambahan MCC kulit durian), B (bioplastik dengan penambahan MCC kulit durian 1%), C (bioplastik dengan penambahan MCC kulit durian 2%), D (bioplastik dengan penambahan MCC kulit durian 3%) dan E (bioplastik dengan penambahan MCC kulit durian 4%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi MCC kulit durian yang berbeda berpengaruh nyata terhadap kuat tarik, perpanjangan putus (elongasi), daya serap air dan biodegradasi bioplastik. Bioplastik dengan penambahan konsentrasi MCC kulit durian yang berbeda hasil terbaik adalah perlakuan E (penambahan MCC kulit durian 4%) dengan karakteristik ketebalan 0,273 mm, kuat tarik 2,38 MPa, perpanjangan putus (elongasi) 12,92% dan daya serap air 8,68%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novizar Nazir, M.Si
Uncontrolled Keywords: bioplastik, mikrokristalin selulosa, pati biji durian, pati singkong
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:50
Last Modified: 25 Mar 2021 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73644

Actions (login required)

View Item View Item