PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI MULTI LEVEL MARKETING PADA PT ASURANSI JIWA CENTRAL ASIA RAYA CABANG PADANG

Rozaqna, Rizke Munawarah (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI MULTI LEVEL MARKETING PADA PT ASURANSI JIWA CENTRAL ASIA RAYA CABANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV watermark.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftr pustaka watermark.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan asuransi jiwa Central Asia Raya menjual produk asuransi jiwa CARrlink Pro dengan program 3i-Network kepada konsumen melalui agen dengan sistem Multi Level Marketing kepada konsumen. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 32 Tahun 2008 Tentang Peyelenggaraan Kegiatan dengan Usaha Perdagangan Dengan Sistem Penjualan Langsung mewajibkan perusahaan dengan metode penjualan langsung berbasis Multi Level Marketing memiliki SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Lanssung), sedangkan PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya tidak memiliki SIUPL. Meskipun dikemudian hari PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya memiliki SIUPL, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 32 Tahun 2008 Tentang Peyelenggaraan Kegiatan dengan Usaha Perdagangan Dengan Sistem Penjualan Langsung tidak membenarkan perusahaan asuransi untuk menggunakan metode penjualan langsung berbasis Multi Level Marketing dalam menjual produk asuransi. Berdasarkan uraian diatas yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah mengapa terjadi pelaksanaan penjualan langsung dengan sistem multi level marketing padahal melanggar peraturan dan bagaimana upaya hukum yang dilakukan oleh konsumen bila mengalami kerugian. Penelitian ini menggunakan metode empiris dan normatif. Sumber data yang digunakan adalah wawancara dan serta menganalisa peraturan perundang-undangan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa alasan terjadinya pelaksanaan penjualan langsung dengan sistem multi level marketing pada PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya padahal melanggar karena perusahaan asuransi cabang Padang mengikuti cara yang dilakukan perusahaan pusan, menigkatkan pendapatan perusahaan, dan adanya izin usaha dari OJK. Perlindumgan hukum terhadap konsumen dengan adanya mekanisme pengaduan. Disarankan OJK hendaknya membuat peraturan khusus mengenai produk asuransi yang dijual melalui sistem Multi Level Marketing dan PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya Cabang Padang hendaknya mengikuti peraturan perundang-undangan yang ada mengenai perasuransian Kata Kunci : Asuransi, Perlindungan Hukum, Multi Level Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zefrizal Nurdin, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:21
Last Modified: 07 Apr 2021 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73557

Actions (login required)

View Item View Item