Pengetahuan dan Pengalaman Keluarga Kurang Mampu dalam Menggunakan Kartu Indonesia Sehat (Kis) (Studi Kasus : Nagari Batipuh Baruah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar)

Murni, Nurmalia Fatma (2021) Pengetahuan dan Pengalaman Keluarga Kurang Mampu dalam Menggunakan Kartu Indonesia Sehat (Kis) (Studi Kasus : Nagari Batipuh Baruah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan) pdf.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB Akhir (Penutup) pdf.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Murni Nurmalia Fatma. BP 1610821016. Jurusan Antropologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2021. Judul “Pengetahuan dan Pengalaman Keluarga Kurang Mampu dalam menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Studi Kasus di Nagari Batipuh Baruah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar”. Pembimbing I Prof. Dr. Erwin, M.Si dan Pembimbing II Dra. Yunarti, M.Hum. Keluarga kurang mampu identik dengan kemiskinan. Kemiskinan menyebabkan masyarakat kesulitan untuk memperoleh kehidupan yang layak,termasuk dalam halkesehatan. Dengan ini pemerintah memberikan bantuan dalam bidang kesehatanberupa Kartu Indonesia Sehat (KIS). Akan tetapi kejadian yang ditemukan dilapanganterlihat berbeda dengankebijakan yang telah ditetapkan, hal ini terlihat dari adanya keluhan masyarakat karena kurangnya pengetahuan tentang penggunaan KIS dan pengalaman kurang memuaskan yang dialami pasien ketika berobat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikanpersepsi dan kepesertaan keluarga kurang mampu terhadap KIS di NagariBatipuh Baruah Kabupaten Tanah Datar serta menganalisispengetahuan dan pengalaman keluarga kurang mampu dalam menggunakan KIS di Batipuh Baruah Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tipe deskriptif, teknik pengumpulan data empiris seperti studi kasus, pengalaman pribadi, observasi, wawancara bebas, visual dan terfokus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih adanya keluarga kurang mampu di nagari Batipuh Baruah yang kurang pengetahuan mengenai program KIS, hal tersebut dikarenakan kurangnya sosialisasi yang didapatkan masyarakat dari penyelenggara program. Kurangnya pengetahuan mengakibatkan pengalaman kurang baik yang dialami selama berobat menggunakan KIS, masyarakat merasakan pelayanan kurang berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan obat yang diberikan tidak menyembuhkan penyakit sepenuhnya, hanya obat penghilang sakit sementara.Meskipun demikian, mereka tetap menggunakan KIS karena alasanterbantu dengan keringanan biaya pengobatan. Kata Kunci : Pengetahuan, Pengalaman, Kartu Indonesia Sehat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 19 Mar 2021 04:28
Last Modified: 19 Mar 2021 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73513

Actions (login required)

View Item View Item