PELAKSANAAN PERJANJIAN KEMITRAAN PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT INTI PLASMA ANTARA PT.TASMA PUJA DENGAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) KAMPAR DI KABUPATEN KAMPAR

Chairiza, Devira Ramadhanty (2021) PELAKSANAAN PERJANJIAN KEMITRAAN PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT INTI PLASMA ANTARA PT.TASMA PUJA DENGAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) KAMPAR DI KABUPATEN KAMPAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I skripsi (scholar unand).pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV skripsi (scholar Unand).pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN (Scholar Unand).pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Koperasi Unit Desa (KUD) Kampar diwajibkan untuk melakukan perawatan terhadap kebun kelapa sawitnya, namun perawatan terhalang dilakukan karena pinjaman kredit dari Bank Danamon tidak cair akibat krisis moneter yang mengakibatkan terbengkalainya kebun selama lebih kurang 9 tahun. Hal ini mendorong KUD Kampar untuk menjalin kerjasama dengan PT. Tasma Puja yang diwujudkan dengan dibuanya perjanjian pemeliharaan dan pengkaplingan kebun plasma Nomor: 01/KUD-K/TASPU/XI/2007. Pada pelaksanaan perjanjian, petani KUD Kampar melakukan wanprestasi yaitu tidak mengirimkan tandan buah segar setiap bulannya kepada pabrik PT. Tasma Puja yang mengakibatkan perusahaan tidak bisa memotong hasil penjualan untuk pembayaran hutang petani atas biaya pemeliharaaan yang dilakukan oleh PT Tasma Puja. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan perjanjian kemitraan pada perkebunan kelapa sawit inti plasma antara PT. Tasma Puja dengan KUD Kampar di Kabupaten Kampar? 2) Apa kendala yang ditemui dan penyelesaiannya dalam pelaksanaan perjanjian kemitraan pada perkebunan kelapa sawit inti plasma antara PT. Tasma Puja dengan KUD Kampar di Kabupaten Kampar? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi dokumen dan wawancara dengan jenis data yang diproleh adalah data primer dan data sekunder, yang dianalisa secara kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perjanjian kemitraan antara PT. Tasma Puja dengan KUD Kampar telah sesuai dengan ketentuan syarat sah perjanjian dalam Pasal 1320 KUH Perdata 2) Kendala yang ditemui yaitu petani KUD Kampar melakukan wanprestasi tidak mengirimkan tandan buah segar setiap bulannya kepada pabrik PT. Tasma Puja yang mengakibatkan tidak bisa dilakukan pemotongan angsuran hutang petani. KUD Kampar selaku pihak yang bertanggungjawab tidak mengambil tindakan dari perbuatan wanprestasi petani, susai dengan perjanjian. Penyelesaian wanprestasi yaitu PT. Tasma Puja hanya mengirimkan laporan bulanan yang berisikan hutang petani sebagai surat peringatan untuk dilakukannya pembayaran atas hutang petani KUD Kampar sekaligus sebagai peringatan bagi KUD Kampar untuk melakukan prestasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Hasbi,S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perjanjian, Kemitraan, Inti Plasma
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:45
Last Modified: 18 Mar 2021 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73505

Actions (login required)

View Item View Item