ANALISIS RISIKO OPERASIONAL PADA PENGELOLAAN BUS KAMPUS UNIVERSITAS ANDALAS BERBASIS ISO 31000 : 2018

Tarema, Fatwa (2020) ANALISIS RISIKO OPERASIONAL PADA PENGELOLAAN BUS KAMPUS UNIVERSITAS ANDALAS BERBASIS ISO 31000 : 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup))
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bus kampus Universitas Andalas merupakan transportasi publik yang disediakan dan dikelola oleh Universitas Andalas untuk menunjang mobilitas mahasiswa. Berdasarkan kuesioner pendahuluan ditemukan beberapa kejadian yang tidak diinginkan yang mengganggu berjalannya kegiatan operasional bus kampus Universitas Andalas. Kerusakan bus saat beroperasi antara lain, terjatuhnya penumpang saat berada di dalam bus, rasa tidak aman pengguna jalan lainnya saat berkendara di sekitar bus kampus, kecelakaan lalu lintas, dan rasa tergangu akibat asap atau emisi gas buangan dari bus kampus. Risiko yang terdapat pada bus kampus Universitas Andalas menimbulkan berbagai kerugian, baik dari pihak penggelola, pihak pengguna bus, dan pihak pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis risiko untuk membentuk langkah penanganan kejadian tersebut. Proses analisis risiko berbasis standar manajemen risiko ISO 31000 : 2018 dilakukan kepada pihak pengelola bus kampus Universitas Andalas, pengguna bus, dan pengguna jalan lainnya. Tahapan penyelesaian masalah yang dilakukan adalah identifikasi risiko, penilaian risiko, dan usulan mitigasi risiko. Penilaian risiko dilakukan dengan menggunakan metode FMEA (failure mode and effect analysis) dan metode FTA (fault tree analysis). Pendistribusian tanggung jawab pada usulan mitigasi dilakukan dengan menggunakan RACI chart. Berdasarkan hasil identifikasi risiko, didapatkan 24 risiko pada operasional bus kampus Universitas Andalas. Selanjutnya dengan metode FMEA didapatkan nilai RPN tertinggi adalah risiko keterlambatan sopir bus dengan nilai RPN 258,05. Kemudian berdasarkan hasil analisis sumber risiko dengan metode FTA didapatkan 13 risk agent pada operasional bus kampus Universitas Andalas. Terdapat 14 usulan mitigasi risiko yang diusulkan kepada pengelola dan pendistribusian tanggung jawab pada usulan tersebut dilakukan dengan menggunakan RACI chart. Kata kunci : Analisis Risiko, Aktivitas Operasional bus kampus, ISO 31000 : 2018, Failure Mode and Effect Analysis, Fault Tree Analysis, Mitigasi Risiko, RACI chart.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Eri Wirdianto M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, Aktivitas Operasional bus kampus, ISO 31000 : 2018, Failure Mode and Effect Analysis, Fault Tree Analysis, Mitigasi Risiko, RACI chart.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:08
Last Modified: 16 Mar 2021 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73400

Actions (login required)

View Item View Item