PENGARUH KOMPOSISI UNSUR GADOLINIUM (Gd) TERHADAP PADUAN MAGNESIUM (Mg) PADA PROSES CASTING UNTUK BAHAN DASAR IMPLAN: LITERATUR REVIEW

Yuni, Asrilia (2020) PENGARUH KOMPOSISI UNSUR GADOLINIUM (Gd) TERHADAP PADUAN MAGNESIUM (Mg) PADA PROSES CASTING UNTUK BAHAN DASAR IMPLAN: LITERATUR REVIEW. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Magnesium mempunyai potensi sebagai bahan dasar material implan karena sifat-sifatnya yang dibutuhkan oleh tulang manusia, seperti sifat biokompatibilitas, non-toksik, dan mudah larut (degradabilitas). Unsur ini dibutuhkan oleh tubuh manusia sebanyak 375 Mg/hari yang disimpan pada jaringan tulang dan darah. Magnesium merupakan logam paling ringan yang memiliki massa jenis 1,738 gr/cm3 dengan modulus elastisitas 42 GPa yang sangat dekat dengan angka modulus elastisitas tulang manusia alami 10-40 GPa dan dapat terdegradasi melalui korosi yang terjadi pada caian tubuh yang mengandung 0,9 wt% klorida. Magnesium murni memiliki laju korosi yang cukup tinggi, sehingga unsur ini perlu ditambahkan dengan unsur-unsur paduan yang dapat mengurangi laju korosi dan sekaligus dapat meningkatkan sifat mekaniknya. Paduan magnesium dan gadolinium sebagai biodegradable material yang sudah ada pada saat ini banyak dibuat dengan metode casting. Oleh karena itu, perlunya membuat kajian literatur tentang paduan magnesium dan gadolinium dengan metode casting untuk mengetahui pengaruh penambahan unsur gadolinium ke paduan magnesium yang cocok untuk implan tulang pada tubuh manusia. Berdasarkan hasil kajian literatur dari pengaruh komposisi unsur gadolinium (Gd) terhadap paduan magnesium (Mg) pada proses casting untuk bahan dasar implan dapat diambil kesimpulan bahwa penambahan Gd melebihi 10% akan semakin meningkatkan sifat mekanik dari paduan Mg-Gd dan komposisi yang cocok untuk implan biodegradable dapat disesuaikan tergantung kebutuhan, karena paduan Mg-Gd ini mempunyai TYS dan UTS dalam rentang yang luas dengan TYS 33 MPa-200 MPa dan UTS 78 MPa-250-MPa. Dan semakin banyak penambahan unsur gadolinium ke dalam magnesium, maka semakin kecil ukuran butirnya. Semakin kecil ukuran butir maka akan meningkatkan kekuatan dan kekerasan dari paduan Mg-Gd.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Oknovia Susanti
Uncontrolled Keywords: Biodegradable implants, Pengecoran, Magnesium alloy, Unsur tanah jarang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:44
Last Modified: 05 Mar 2021 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73238

Actions (login required)

View Item View Item