ANALISIS PENGELOLAAN IRIGASI TERSIER PADA USAHATANI PADI ORGANIK DI NAGARI KASANG KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Rizi, Hajri Arnis Saputri (2020) ANALISIS PENGELOLAAN IRIGASI TERSIER PADA USAHATANI PADI ORGANIK DI NAGARI KASANG KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER AND ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah pengelolaan dan pengaturan air irigasi pada usahatani padi organik supaya tidak tercampur dengan aliran sawah padi non organik yang dapat mencemari sawah organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan irigasi tersier pada usahatani padi organik dan mengetahui kebutuhan dan kecukupan air irigasi pada usahatani padi organik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan panduan wawancara dan kuisioner. Penelitian ini melakukan pengambilan sampel dengan metode sampling jenuh (sensus). Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan irigasi pada sawah organik dikelola langsung oleh kelompok tani mulai dari pengoperasian jaringan irigasi, pemeliharaan jaringan irigasi, pengerahan sumberdaya dan penanganan konflik. Untuk sumber air irigasinya berasal dari mata air tong balau yang berada di Nagari Kasang dan digunakan untuk kebutuhan budidaya padi organik mulai dari pembenihan, penyiapan lahan, penanaman, penyiangan, pemupukan, dan pemberantasan hama dan penyakit. Untuk ketinggian air yang dibutuhkan petani pada saat menanam adalah < 1 cm, penyiapan lahan > 3 cm, penanaman < 1 cm, penyiangan > 3 cm, pemupukan < 1 cm, pemberantasan hama dan penyakit < 1cm. Untuk kecukupan air yang diterima petani berdasarkan ketinggian air yang dibutuhkan sesuai ketepatan waktu, jumlah, distribusi, dan kualitas air termasuk pada kategori mencukupi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, M.Sc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan irigasi, Kebutuhan dan Kecukupan air, Padi organik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 03 Mar 2021 08:28
Last Modified: 03 Mar 2021 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73221

Actions (login required)

View Item View Item