PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN BAGI ANAK LAKI-LAKI DI BAWAH UMUR (STUDI POLRES TANAH DATAR)

Ivan, Stevano (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN BAGI ANAK LAKI-LAKI DI BAWAH UMUR (STUDI POLRES TANAH DATAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I-dikonversi.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA re-dikonversi (1).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSi full-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tindak pidana pencabulan merupakan salah satu kejahatan terhadap kesusilaan yang berhubungan dengan seksual atau nafsu birahi. Pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 dalam pasal 69 dan 69a pengganti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 telah mengatur bagaimana perlindungan khusus bagi anak korban kejahatan seksual. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: 1.Bagaimanakah upaya perlindungan hukum secara yuridis dan psikis terhadap anak laki-laki sebagai korban tindak pidana pencabulan di Polres Tanah Datar?. 2. Faktor apa saja yang menghambat dalam implementasi perlindungan hukum terhadap anak laki-laki sebagai korban tindak pidana pencabulan di Polres Tanah Datar?. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris yaitu pendekatan melalui penelitian hukum dengan melihat ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dan dihubungkan dengan fakta yang ada di lapangan sehubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, wawancara, penelitian pustaka. Dari hasil penelitian, perlindungan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan, identitas korban dirahasiakan, bantuan medis berupa Visum Et Repertum, anak korban pencabulan memperoleh segala bentuk perlindungan sesuai dengan kebutuhannya,. Perlindungan psikis berupa mendapatkan bantuan konseling, psikiater, dan rehabilitasi. Faktor yang menghambat berupa faktor aturan hukum dan peraturan perundang-undangan, faktor aparat penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat dan faktor budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ismansyah. S.H,.M.H
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perlindungan Hukum, Anak, Perlindungan Anak, Pencabulan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:57
Last Modified: 03 Mar 2021 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73203

Actions (login required)

View Item View Item