ANALISA PENGARUH RASIO TULANGAN DAN INERSIA PENAMPANG TERHADAP KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG BERPENAMPANG I AKIBAT MOMEN NEGATIF

Mukhdil, Khairi Idris` (2021) ANALISA PENGARUH RASIO TULANGAN DAN INERSIA PENAMPANG TERHADAP KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG BERPENAMPANG I AKIBAT MOMEN NEGATIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
02. BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
03. BAB 5.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir_Mukhdil Khairi Idris_1710922009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan manusia akan konstruksi semakin berkembang dalam segala aspek baik itu dari pemodelan hingga kekuatan konstruksi. Karena itu manusia selalu berinovasi untuk menciptakan konstruksi yang kuat serta dengan pemodelan yang ekonomis. Balok yang umum digunakan pada konstruksi yaitu balok beton bertulang. Konstruksi balok beton bertulang juga memiliki beberapa jenis penampang, yaitu penampang segi empat, lingkaran, penampang I, penampang T. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara analitis pengaruh rasio tulangan dan inersia penampang terhadap kapasitas lentur balok berpenampang I akibat momen negatif. Benda uji pada penelitian ini adalah balok beton bertulang berpenampang I dengan tiga tipe penampang berbeda berdasarkan “AASHTO I-Beams PCI Bridge Design Manual 3rd Edition, First Release, November 2011” dengan variasi jumlah lapisan tulangan badan. Penelitian ini dilakukan menggunakan sofware RCCSA V4.3 dan Response 2000. Analisis dilakukan terhadap momen positif dan momen negatif yang bekerja. Hasil analisis dari kedua software tersebut yaitu kapasitas lentur penampang berupa grafik Load- Deflection. Dari hasil penelitian ini, parameter rasio tulangan, inersia penampang serta penggunaan tulangan geser mempengaruhi kapasitas lentur dari balok beton bertulang berpenampang I baik itu akibat momen positf dan akibat momen negatif. Penggunaan rasio tulangan mempengaruhi kapasitas beban dan nilai daktilitas penampang, semakin besar rasio tulangan maka kapasitas akan meningkat dan nilai daktilitas penampang akan menurun. Pada setiap penurunan jumlah lapisan tulangan badan pada setiap tipe penampang, terjadi peningkatan nilai daktilitas sebesar 20%-50%. Hal ini terjadi pada analisis akibat momen positif dan akibat momen negatif. Pada penelitian ini, penggunaan luas tulangan flens atas dan flens bawah tetap pada setiap tipe penampang yang ditinjau, maka yang mempengaruhi nilai kapasitas beban akibat momen negatif lebih kecil dari nilai kapasitas beban akibat momen positif yaitu pemakaian luas tulangan badan yang berbeda pada tiap tipe penampang balok I. Nilai Inersia penampang mempengaruhi kapasitas lentur balok I, yaitu semakin besar inersia penampang maka semakin besar kapasitas lentur balok. Penggunaan tulangan geser mempengaruhi kapasitas lentur balok I. Rasio tulangan geser meningkatkan kapasitas beban hingga melewati kapasitas geser oleh beton (Vc). Data analisis yang dihasilkan oleh software RCCSA V4.3 dan Response 2000 bernilai relatif sama yang dibuktikan dengan grafik yang berhimpit dengan nilai yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rendy Thamrin, Dr. Eng
Uncontrolled Keywords: Beton bertulang, Balok Beton Bertulang Berpenampang I, Rasio Tulangan, Inersia Penampang, Rasio Tulangan Geser, Daktilitas, Kapasitas Lentur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:10
Last Modified: 03 Mar 2021 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73181

Actions (login required)

View Item View Item