PERBAIKAN SIFAT FISIKA LAHAN BEKAS TAMBANG EMAS MELALUI APLIKASI BIOCHAR SEKAM PADI DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.)

Fauziah, El Husna (2021) PERBAIKAN SIFAT FISIKA LAHAN BEKAS TAMBANG EMAS MELALUI APLIKASI BIOCHAR SEKAM PADI DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Kesimpulan Saran.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi biochar sekam padi dan pupuk kandang terhadap perbaikan sifat fisika lahan bekas tambang emas untuk pertumbuhan bunga matahari (Helianthus annuus L.). Penelitian dilaksanakan di Rumah Kaca, dan analisis tanah di Laboratorium Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dari bulan Juni sampai Oktober 2020. Penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan yaitu A (100% biochar sekam padi), B (25% biochar sekam padi dan 75% pupuk kandang ayam), C (50% biochar sekam padi dan 50% pupuk kandang ayam), D (75% biochar sekam padi dan 25% pupuk kandang ayam), E (100% pupuk kandang ayam) dan F (tanpa biochar sekam padi dan pupuk kandang ayam) dengan 4 ulangan. Satuan percobaan (6x4 = 24) dialokasikan di Rumah Kaca berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang dianalisis yaitu BV, TRP, Permeabilitas, BO (tanah) dan tinggi tanaman, jumlah daun, biomassa bagian atas, bawah, dan bunga. Data hasil penelitian dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA), dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%, jika F hitung > F tabel. Aplikasi 100% pupuk kandang ayam merupakan perlakuan terbaik karena dapat menurunkan berat volume menjadi 1,18 g/cm3, meningkatkan total ruang pori menjadi 54,38%, dan menurunkan permeabilitas menjadi 15,36 cm/jam. Hal ini juga menunjukkan pertumbuhan tanaman terbaik yang diindikasikan dengan nilai tertinggi untuk tinggi tanaman (133 cm), jumlah daun (32 helai), berat kering batang dan daun (68,47 gram), berat kering bunga (42,64 gram) dan berat kering akar (42,59 gram). Kandungan bahan organik tanah tertinggi (2.30%) ditemukan pada perlakuan 50% biochar sekam padi dan 50% pupuk kandang ayam. Kata kunci : Biochar Sekam Padi, Bunga Matahari, Lahan Bekas Tambang Emas, Pupuk Kandang Ayam, Sifat Fisika Tanah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrinal, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:47
Last Modified: 02 Mar 2021 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73164

Actions (login required)

View Item View Item