PENGEMBANGAN MODEL REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOBA BERBASIS KELUARGA DI KALANGAN REMAJA DENGAN MOTODE EVIE DI DKI JAKARTA

ANDI, JULIA RIFIANA (2020) PENGEMBANGAN MODEL REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOBA BERBASIS KELUARGA DI KALANGAN REMAJA DENGAN MOTODE EVIE DI DKI JAKARTA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1_COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2_BAB I Pendahuluan ok.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR PENUTUP)
3_BAB AKHIR_PENUTUP.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4_Daftar Pustaka ok.pdf - Updated Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT_DISERTASI_ANDI JULIA RIFIANA_S3 KESMAS)
FullText_DISERTASI_Andi Julia Rifiana_S3 KesMas_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rehabilitasi penyalahguna narkoba merupakan upaya penyembuhan yang ditujukan agar tidak kambuh atau dengan kata lain sembuh dari penyalahgunaan narkoba. Banyak program rehabilitasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah, namun hasilnya belum optimal, maka berdasarkan hal tersebut dikembangkanlah Model rehabilitasi penyalahguna narkoba berbasis keluarga dengan metode EVIE, yaitu suatu model rehabilitasi yang dirancang untuk mengempowerment peran keluarga yang sudah ada saat ini. Model rehabilitasi EVIE berupaya meningkatkan perilaku keluarga melalui pengetahuan, sikap, persepsi dan pola asuh tentang rehabilitasi dalam bentuk pendampingan dengan menggunakan modul yang sudah disusun oleh peneliti.dan dikonsultasikan kepada beberapa pakar. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Model Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba EVIE berbasis keluarga. Rancangan dalam penelitian ini adalah quasi experiment, menggunakan desain one group pretest posttest without control dengan responden sebanyak 35 keluarga. Penelitian dilakukan di wilayah DKI Jakarta. Dari data yang diperoleh lalu diolah untuk mengetahui perbedaan nilai pre-post, sehingga penelitian ini menggunakan uji T independent. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan, sikap, persepsi dan pola asuh, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Rehabilitasi EVIE berpengaruh terhadap perilaku keluarga dalam rehabilitasi penyalahguna narkoba di kalangan remaja, sehingga disarankan agar model ini dapat diterapkan pemerintah dalam menjalankan proses rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba, khususnya di kalangan remaja. Sehingga diharapkan akan membantu pemerintah dalam menurunkan angka kejadian kekambuhan penyalahgunaan narkoba (relaps)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba, Keluarga, Remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: model prev meri Naherta
Date Deposited: 15 Mar 2021 09:51
Last Modified: 15 Mar 2021 09:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73121

Actions (login required)

View Item View Item