PENGARUH PEMAKAIAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica Papaya L) DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP INTAKE ENERGI, INTAKE PROTEIN DAN RASIO EFISIENSI PROTEIN

FARID, ZUVIRA (2021) PENGARUH PEMAKAIAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica Papaya L) DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP INTAKE ENERGI, INTAKE PROTEIN DAN RASIO EFISIENSI PROTEIN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
cover dan abstrak skripsi FZ 2.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KESIMPULAN SKRIPSI 2.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi untuak perpus unand 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN 2.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian tepung daun pepaya (Carica papaya L) dalam ransum terhadap intake energy, intake protein dan rasio efisiensi protein (REP) pada ayam broiler. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 17 Juni sampai 29 Juli 2020. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah DOC ayam broiler sebanyak 100 ekor, ransum dan tepung daun pepaya. Metode penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dimana setiap perlakuan di ulang 5 kali dan setiap ulangan terdiri dari 5 ekor. Perlakuan yang diterapkan adalah pemakaian tepung daun pepaya dalam ransum ayam broiler dengan level yang berbeda, yaitu A (ransum tanpa pemakaian tepung daun pepaya), B (ransum dengan pemakaian tepung daun pepaya 2%), C (ransum dengan pemakaian tepung daun pepaya 4%) dan D (ransum dengan pemakaian tepung daun pepaya 6%). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemakaian tepung daun pepaya dalam ransum ayam broiler sampai taraf 6% berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap intake energi, intake protein dan rasio efisiensi protein. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemakaian tepung daun pepaya sampai dengan taraf 6% didalam ransum ayam broiler masih aman digunakan dengan nilai rataan intake energi sebesar 1493,52 kkal/gram/ekor/minggu, intake protein sebesar 102,65 gram/ekor/minggu, dan rasio efisiensi protein sebesar 1,79 REP/ekor/minggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir Tertia Delia Nova,MP
Uncontrolled Keywords: broiler, daun pepaya, intake energi, intake protein dan rasio efisiensi protein
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:21
Last Modified: 24 Feb 2021 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72880

Actions (login required)

View Item View Item